H+4 Lebaran, Mahasiswa Tambang Lakukan Praktikum di Purwakarta

Foto: Dokumen Pribadi.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Empat hari setelah hari raya idul fitri, sebagian mahasiswa Fakultas Teknik jurusan Pertambangan masih harus melakukan praktikum. Kegiatan praktikum teknik eksplorasi ini bertempat di daerah Purwakarta, Jawa Barat.

Salah satu mahasiswa yang mengikuti praktikun, Ganzar Ramadiansyah menaparkan kegiatan eksplorasi dilakukan dari tanggal 10 sampai dengan 13 Juli untuk gelombang pertama sedangkan gelombang kedua mulai dari 13 sampai dengan 16 Juli. “Praktikum ini khusus buat semester enam. Kebetulan saya gelombang pertama jadi berangkat hari ini,” ucapnya pada Minggu (10/7). Ia juga kembali menjelaskan, jika kegiatan eksplorasi ini untuk mencari dan memastikan keberadaan bahan galian yang kemudian diolah di laboratoriun.

Meski praktikum ini berdekatan dengan lebaran Ganzar tidak terlalu mempermasalahkannya karena dirinya masih sempat untuk pulang kampung ke Garut. “Banyak temen juga yang enggak mudik kebanyakan dari Sumatera kaya Jambi, Lampung sama Palembang. Tapi ada juga yang nyempetin pulang pas hari Jumat,” tuturnya.

Lain halnya denga Ganzar, Rakhmat Alif justru memilih untuk tidak pulang kampung. “Alhamdulillah juga ekskursi lapangan dimajuin sekarang, biasanya ekskursi tuh abis uas entar libur panjang semesteran bisa kepotong lebih gawat lagi,” jawab pria asal Cianjur ini. Namun dirinya tetap menyayangkan hal ini karena menurutnya ada beberapa mahasiswa yang harus bulak-balik dari luar pulau jawa untuk kegiatan ini. (Wulan/SM)