Tak Hanya Sekedar Buku Harian Manusia

Judul           : The Demigod Diaries
Penulis       : Rick Riordan
Penerbit    : PT Mizan Publika
Halaman    : 224

Banyak sekali buku novel fantasi yang ber-plotkan mitologi Yunani, salah satunya Percy Jackson. Buku ini adalah lanjutan dari seri buku Percy Jackson dang anak poseidon. Di dalamnya terdapat tiga cerita inti, yaitu buku harian anak dewa Apollo, kisah dewa Hermes yang kehilangan tongkat saktinya dan kisah kebenaran awal mula demigod.

Awal cerita bermula ketika Thalia (anak dewa Zeus) dan Luke (anak dewa Hermes) mencari benda pusaka di sebuah rumah yang seram dan bermonster. Tak lama mereka bertemu dengan anak dari dewa Apollo yang bernama Hal. Ia tidak bisa sejengkal pun melangkah untuk keluar karena para monster sudah menunggu untuk melahapnya. Namun pada akhirnya Hal memutuskan membantu Thalia dan Luke untuk keluar dari rumah itu, lalu ia memberi Luke sebuah diary.

Sedangkan pada cerita kedua berkisah mengenai tongkat Hermes yang hilang. Disini para pembaca disuguhkan lagi dengan tokoh utama, Percy Jackson. Hermes meminta bantuan kepada Percy dan Annabeth untuk mengambil tongkat saktinya yang telah dicuri sebuah monster bawah tanah.

Pada cerita akhir, menceritakan keberadaan sesungguhnya dari demigod yang ditulis langsung oleh anak dari Rick Riordan, Haley Riordan. Karya-karya Rick memang selalu berkiblat pada sejarah yang, dalam buku ini pun ia tetap mengangkat tema dari mitologi Yunani. Dengan dikemas secara modern, membuat para pembaca dengan mudah mengartikan tiap isi dan cerita yang ada. Seperti biasa Rick menyuguhkan pertarungan menarik antara demigod dengan para monster.

Namun bila pembaca belum mengetahui bahkan menilik isi dari seri sebelumnya Percy Jackson—akan kesulitan memahami buku ini. Karena The Demigod Diaries lebih membahas mengenai masa lalu sang pengkhianat Luke dan masa depan Percy menjalani hidup sebagai anak dewa.(Ravi/SM)

Share Button