Si Manis, Malaikat Pemberi Kabar

Judul : Oscar Si Kucing Ajaib
Penulis : David Dosa
Tebal : 287 Halaman
Penerit : PT Gramedia Pustaka Utama

Bagaimana jadinya jika ada seekor kucing yang dapat mengetahui kematian seseorang? Pastinya banyak orang yang tidak percaya. Sungguh ajaib, nyatanya tidak hanya manusia yang memiliki indera keenam, melainkan seekor kucing bernama Oscar.

Oscar adalah seekor kucing biasa pada awalnya. Tidak ada yang menarik pada Oscar. Namun, ketika para penghuni panti wreda menyadari keistimewaannya, orang-orang mulai penasaran pada Oscar. Dia akan datang ke kamar pasien saat kematiannya sudah dekat, kemudian duduk di kakinya dan menemaninya sampai si pasien meninggal dunia.

David Dosa, sang penulis sekaligus dokter spesialis geriatri dan asisten profesor di Waren Alpert Medical School of Brown University, menulis buku ini berdasarkan pengalamannya di panti wreda tempatnya bekerja. Kisah- kisah dalam buku ini dikemas apik ciamik dan inspiratif bagi para pembacanya. Buku ini sangat menarik terutama untuk para penggemar kucing. Ditambah lagi pada setiap babnya, penulis menyelipkan quotes – quotes menarik tentang kucing.

Dari segi alur cerita, novel ini sedikit membingungkan karena pemilihan kata dalam buku ini masih banyak kekurangan, sehingga terdapat istilah – istilah yang kurang dimengerti oleh pembacanya. Sekilas pesan yang disampaikan dalam buku ini yakni mengajarkan kita untuk merangkul orang- orang yang sulit menerima kenyataan pahit tentang keluarga yang disayangi. (Maynolitta/SM)

Share Button