Kompetisi Essay naisonal Indonesia Economic Outlook (IEO) 2016

Kajian Ekonomi dan Pembangunan Indonesia (KANOPI) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia kembali menggelar Indonesia Economic Outlook (IEO) 2016. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini rangkaian acara yang disediakan diantaranya kompetisi essai ekonomi, diskusi rekomendasi kebijakan, dan presentasi final.

Buat kalian yang hobi nulis dan menguasai bidang ekonomi, enggak ada salahnya loh buat dicoba. Kompetisi essai nasional IEO 2016 terbuka untuk seluruh mahasiswa tingkat S1/D3 dari seluruh perguruan tinggi di Indonesia. Tahapan untuk mengikuti lomba ini adalah essai yang masuk akan diseleksi oleh dewan juri hingga menghasilkan sepuluh terbaik. Seluruh finalis tersebut akan melanjutkan ke tahap diskusi dan presentasi final di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia.

Hmm..menarik kan! Kompetisi ini mengusung tema “Indonesia’s Economic Reorientation: Enhancing the Supply Side to Achieve a Sustainable Growth”. Dari tema tersebut ada tiga sub-tema yang dapat dipilih oleh para peserta, diantaranya Moneter “Kebijakan Moneter sebagai Pendorong Investasi di Sektor Industri dan Infrastruktur” (Monetary Policies as a Means to Encourage Investment in Industry and Infrastructure), Fiskal “Insentif Fiskal sebagai Stimulan bagi Pengembangan Sektor Industri” (Fiscal Incentives as Stimulants for the Expansion of Industries) dan Riil “Peningkatan Kualitas Ketenagakerjaan Indonesia yang Berdaya Saing di Pasar Global” (Improvement of the Quality of Indonesia’s Manpower to Achieve Competitiveness in the Global market).

Adapun persyaratan yang harus diikuti oleh para pesertanya adalah merupakan mahasiswa S1/D3 dan keduanya berasal dari perguruan tinggi yang ada di wilayah Republik Indonesia. Kompetisi ini terbuka bagi seluruh mahasiswa dari berbagai fakultas/departemen/jurusan, peserta merupakan tim yang terdiri dari dua orang mahasiswa, keduanya dapat berasal dari fakultas/jurusan/departemen yang berbeda, namun harus berasal dari perguruan tinggi yang sama, dan yang terakhir peserta kompetisi dikenakan biaya administrasi sebesar Rp75.000,- per essai yang diikutkan dalam kompetisi.

Kompetisi ini akan dimulai di awal September nanti, untuk registrasinya dibuka pada tanggal 1-25 September 2015. Kemudian batas pengumpulan essai pada tanggal 25 September, sedangkan untuk waktu pembayaran dimulai sejak 1 Agustus-25 September 2015. Bagi peserta yang lolos ke babak sepuluh besar, akan melanjutkan ke babak final pada 10-12 November 2015.

Hadiah yang ditawarkan dalam perlombaan ini cukup manggiurkan, untuk juara 1 akan mendapat uang sebesar Rp 5.000.000. Kemudian untuk juara kedua akan mendapat Rp 3.000.000 dan juara ketiga meraih Rp 2.000.000. Selain sejumlah uang, para pemenang juga mendapat sertifikat dan booklet kompilasi essai finalis.

Gimana, menarik kan? Jadi buat kalian yang berminat mengikuti kompetisi ini segera daftarkan diri. Siapa tau jadi pemenangnya dan tentu akan membawa nama baik kampus kita tercinta. Informasi lebih lanjut bisa melalui twitter @ieofeb, ask fm (ask.fm/ieofebui), atau situs resmi ieo-febui.com. Selain itu juga bisa menghubungi Estiana Cahyawati (0857-1496-2556) atau Ikhwan Prasetyo (0857-1524-0238). (Khalida/SM)