Festival Netlabel di Bandung

Suaramahasiswa.info – Bandung, Indonesian Netaudio Festival (INF) yang pertama telah sukses digelar di Yogyakarta, 16 – 17 November 2012 dan juga sekaligus merayakan ulang tahun ke-5 Yes No Wave Music. INF yang ke-2 (#INF2) akan digelar di kota Bandung tepatnya di IFI Bandung, Jalan Purnawarman 32 pada tanggal 14 – 16 November 2014 . Festival ini menjalin hubungan online dan juga pengalaman para pelaku offline, pemerhati dan penikmat netaudio yaitu aktivitas audio di Internet.

Acara ini akan menjelaskan kepada pengunjung bahwa penggunaan Internet menjadi pilihan yang efektif untuk penyebaran informasi dan pengetahuan, salah satunya adalah netaudio. Netaudio seperti netlabel (label rekaman berbasis Internet) dan online streaming makin diminati. Salah satu karakter utama Internet adalah budaya bebas yang artinya budaya yang memberikan akses untuk menggunakan, mengembangkan, dan mendistribusi pengetahuan.

IPentingnya sosialisasi dan edukasi mengenai budaya bebas kepada publik bisa membantu distribusi dan produksi pengetahuan yang lebih baik, berkelanjutan, dan mandiri. Maka direalisasikanlah beberapa program di INF 2 antaranya, INF Market yaitu bazar karya dan produk digital dengan tema digital culture, INF Share yang didalamnya akan ada Sharing offline rilisan netlabel dan karya musik lainnya yang dirilis bebas di Internet.

Adapula INF Work,memperkenalan lokakarya terbaru dunia musik. INF Talk, beda buku “Memuliakan Penyalinan – Marcus Boon” yang akan dihadiri oleh Nuraini Juliastuti (KUNCI Cultural Studies Center) & Budi Warsito (Kineruku), dan terakhir akan ada INF Gig yang menampilkan Pertunjukkan musik dari band/musisi yang telah merilis bebas musiknya di Internet via netlabel dan berlisensi Creative Commons seperti Silampukau, Woodcabin, The Kuda dan masih banyak lagi. Diharapkan setelah mendatangi acara ini masyarakat secara umum akan dapat memahami kegiatan offline dan label rekaman berbasis internet. (Winda. R. N/SM)