Larut Dalam Lapisan Larik-Larik Aan

Judul      : Melihat Api Bekerja
Penulis   : M. Aan Mansyur
Penerbit : PT Gramedia Pustaka Utama
Tebal       : 153

Nama Aan Mansyur mungkin terdengar tidak asing bagi para pecinta sastra tanah air. Lelaki yang bekerja sebagai relawan di Komunitas Ininnawa dan pustakawan di Katakerja, Makassar selalu produktif merealisasikan carut marut kehidupan dalam catatan sajak. Tercatat, bulan lalu Aan kembali meluncurkan buku kumpulan puisi berjudul Melihat Api Bekerja.

Dalam buku ini, pembaca tidak hanya terbawa arus perihal cinta, namun juga seperti berkaca pada hadirnya isu kaum urban dan peristiwa sehari-hari. Beberapa puisinya terasa lebih personal, bercerita mengenai keberadaan orangtua dan masa kecil sang penyair. Meski meninggalkan adanya kesan personal, masalah dalam puisi seperti menjadi persoalan milik bersama. Kecerdikan sang penyair dalam menuangkan kejengahan di lingkungan tidak perlu diragukan lagi. Pembaca bisa menikmati karyanya yang berjumlah 54 puisi.

Pencapaian estetika itu bertampah apik ketika puisi-puisi karangan Aan berdampingan dengan 60 ilustrasi karya Muhammad Taufiq atau dikenal Emte. Wujud ilustrasi dari puisi Aan, rata-rata Emte gambarkan sebagai sosok perempuan dan menggunakan cat air sebagai bahan. Karya kolaborasi dua elemen berbeda itu seolah saling melengkapi dan menembus batas antara keduanya. (Teti/SM)

Share Button