Review CD: Haul – Rima Penghitam Cakrawala (2012)

Band neo-crust asal kota Bandung ini baru saja merilis album pertamanya pada 6 Agustus lalu. Beranggotakan Kenny (vokal), Awfi (gitar), Dendry (gitar), Sandro (bass), dan Lucky (Drum), mereka menamakan albumnya dengan judul Rima Penghitam Cakrawala. Lima anak muda ini memainkan musik neo-crust campuran antara beratnya doom/heavy metal dan cepatnya punk rock. Di dalam album tersebut, berisikan 6 lagu plus intro yang siap memekakan telinga para penikmat musik rock.

Dimulai intro yang bertitel “Madah,” terdengar anthem mencekam dari semua personil grup ini. Di lagu andalan, “Rima Penghitam Cakarawala,” berisi amunisi lirik yang kelam dan riff-riff gitar yang terdengar sludgey. Lanjut ke lagu “Malam,” sebuah nomor bertempo cepat yang menceritakan begitu pekatnya kegelapan malam hari. Hingga “Halau Mentua” yang menganggap bahwa mereka semua adalah juru selamat di dalam lirik mereka. Adapun “Legiun Api” yang berkolaborasi dengan vokalis band stoner metal, Komunal, Doddy Hamson. Suara Kenny dan Doddy begitu berat dan galak ketika mereka berdua bersaut-sautan. Pun dua track berbahaya lainnya yang patut disimak yakni “Abadian” dan instrumental layaknya campuran progresif dan sludge metal, “Elegi”.

Album ini memang patut diperdengarkan untuk kalian yang jenuh akan rilisan cadas yang itu-itu saja. Jika kalian menyukai produk neraka dari band semisal Tragedy, All Pigs Must Die, Black Breath, maupun Leviathan-nya Mastodon, dengarkanlah Haul dengan volume maksimal kawan!