UPT Unisba Lakukan Stock Opname dan Pemutihan

Seorang mahasiswa membaca buku di Perpustakaan Unisba, Jalan Tamansari No. 1 Kota Bandung, pada Jumat (27/04/2018). Kegiatan Stock Opname bertujuan untuk melakukan pendataan kembali koleksi-koleksi buku di Perpustakaan. (Indah/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Unit Pelaksana Teknis (UPT) Perpustakaan Unisba melakukan kegiatan stock opname dan inventarisasi koleksi pada 20 April sampai 25 Mei. Kegiatan tersebut bertujuan untuk melakukan pendataan kembali dan penggantian barcode yang tertera dalam buku. Kepala Perpustakaan Arief D. Tresnawan menjelaskan dalam kegiatan pemutihan ini mahasiswa yang belum mengembalikan buku akan dibebaskan dari sanksi.

“Tujuan utamanya itu ingin menarik kembali koleksi buku supaya bisa mendata dengan benar dan memberikan barcode yang baru. Diharapkan koleksi-koleksi yang ada di luar bisa cepat dikembalikan,” terangnya saat ditemui di ruanganya, Jumat (27/04).

Berdasarakan standarisasi Perpustakaan, kegiatan stock opname dan inventarisasi koleksi ini dilakukan setiap tiga tahun sekali. Arief mengungkapkan tidak setiap kegiatan stock opname  dan inventarisasi koleksi ini dibarengi dengan pemutihan, hal tersebut tergantung pada masing-masing koleksi buku yang ada.

Mahasiswa Teknik Planologi, Reffani Julianti menganggap adanya kegiatan ini dinilai sangat bagus. Reffani mengatakan kegiatan tersebut memberikan manfaat bagi peminjam khususnya mahasiswa. “Menurut saya selama itu berkontribusi gak masalah sih,” ungkapnya.

Senada dengan Reffani,  Fitria Nurhasanah juga berpendapat kegiatan ini sangat bermanfaat karena mahasiswa bisa meminjam buku koleksi yang sebelumnya dipinjam oleh mahasiswa lain. Fitria juga  berharap untuk koleksi-koleksi buku di Perpustakaan semakin berbobot dan bertambah. “Untuk perpus sendiri semoga koleksi bukunya bertambah,” tutup mahasiswa Fakultas Dakwah 2017. (Indah/SM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *