UPI Jadi Tuan Rumah Jambore Kopma Nasional

Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) menjadi tuan rumah kegiatan Jambore Koperasi Mahasiswa Nasional 2017.  Acara ini yang diselenggarakan pada Senin (11/09/2017), dihadiri oleh 57 peserta dari berbagai universitas di Indonesia. Serta menghadirkan Staf Ahli Koperasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kemenristekdikti, serta Kementerian Koperasi dan UKM sebagai pembicaranya.

Suaramahasiswa.info, Unisba –Koperasi Mahasiswa (Kopma) Indonesia menggelar acara tahunan Jambore Kopma Nasional 2017. Acara yang bertemakan, Sauyunan Sabilulungan Ngamumule Budaya Koperasi Pikeun Ajeg Tur Mekar Ngigeulan Paneka Jaman. Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Koperasi Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Kemenristekdikti, serta Kementerian Koperasi dan UKM.  Kegiatan yang berlangsung dari tanggal 11-14 September 2017 diadakan di Gedung BPU UPI, di Jalan Setiabudi No. 229, Kota Bandung. 

Pada tahun sebelumnya, kegiatan Jambore Kopma Nasional ini diselenggarakan di Universitas Sebelas Maret, Kota Solo. Di tahun tersebut UPI menjadi juara umum dalam Jambore Kopma 2016, sehingga dapat menjadi tuan rumah di tahun ini. Ketua Pelaksana Ipan Sopian menuturkan, sebanyak 57 Kopma dari berbagai universitas di seluruh Indonesia menghadiri perhelatan tersebut. Mereka juga mengikuti berbagai cabang kompetisi yang diadakan.

“Ada beberapa kegiatan yang diperlombakan, diantarannya kompetisi koperasi nasional, propaganda koperasi, duta koperasi, karya tulis ilmiah, serta penampilan kesenian. Kopma yang mendapat nilai terbanyak berhak menjadi tuan rumah jambore di tahun berikutnya,” ucap Ipan.

Salah satu perwakilan dari Kopma Universitas Islam Negeri Raden Intan, Kota Bandar Lampung, Refly Aditia Giraldi, mengapresiasi kegiatan ini, “Luar biasa, jadi Kopma dari seluruh daerah dateng kesini. Saya berharap agar seluruh peserta dapat saling berbagi satu sama lain, dengan adanya acara ini juga diharapkan dapat membangun relasi yang baik dengan kopma dari seluruh Indonesia.” (Intan Radhialloh/SM)