Unisba Rencanakan Transportasi Penunjang Bagi Mahasiswa Ke Ciburial

Beberapa mahasiswa hendak memasuki Kampus Dua Unisba, Jalan Dago Atas Kebon Pisang, Ciburial untuk memulai perkuliahan pada Selasa (17/9/2019). (Puspa Elissa Putri/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Setelah program alokasi kegiatan perkuliahan Mata Kuliah Dasar Umum (MKDU) yang terlaksanakan sejak Senin (16/9), kini universitas merencanakan penyediaan transportasi pendukung. Wakil Rektor II, Atih Rohaeti memaparkan untuk sementara ini pihak universitas berencana akan menyediakan fasilitas, namun masih perlu dilakukan koordinasi lebih lanjut dengan bagian umum.

Fasilitas yang akan disediakan berupa bus yang saat ini sudah dimiliki oleh universitas. Dengan daya tampung sekitar 34 orang, bus tersebut akan dioperasikan dua kali dalam satu hari, yaitu pada pagi hari sekitar setengah tujuh dan siang hari. Namun, ia memperkirakan bus tersebut baru mulai beroperasi pada Senin (23/9).

“Kita enggak bisa fasilitasi semua mahasiswa, jadi resiko kalau enggak kebagian naik bus,” tuturnya ketika ditemui diruangannya pada Rabu (18/9).

Selain membahas penyediaan transportasi dari universitas, Atih turut menyebutkan bahwa bus bukan satu-satunya pilihan untuk digunakan menuju Ciburial. Ia menyarankan mahasiswa untuk menggunakan angkutan roda empat melalui aplikasi ojek daring. Kemudian mengenai biaya, menurut Atih bisa dibagi rata bersama rekan mahasiswa lain sehingga menjadi lebih terjangkau.

Dalam pembahasan dengan jajaran pimpinan rektorat mengenai solusi transportasi, Atih menyebut sempat membahas pemanfaatan angkutan kota (angkot) sebagai salah satu solusi. Kendati demikian, karena proses perizinaan yang rumit sehingga tidak memungkinkan untuk menggunakan angkot guna mengangkut mahasiswa dari Tamansari menuju Ciburial.

Tersedianya fasilitas transportasi rupanya memang hal yang diharapkan mahasiswa. Salah satunya, mahasiswi Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2019, Fitri Alzzahra. Meski merasa nyaman dengan suasana perkuliahan di Ciburial, ia mengaku dirinya merasa kesulitan untuk menjangkau lokasi kampus yang terbilang jauh.

“Jauh dari kota ‘kan, jadi aksesnya sulit apalagi yang enggak bawa kendaraan sendiri. Saya harap ada semacam kendaraan dari universitas untuk mahasiswa ke Ciburial,” ucapnya di Kampus Dua Unisba pada Selasa (17/9).

Reporter: Gina Santia & Puspa Elissa Putri

Penulis: Shella Mellinia Salsabila

Editor: Puteri Redha Patria

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *