Unisba Rencanakan Kebijakan Baru Semester Antara

Seorang karyawan Unisba merapikan dokumen di Kantor Bagian Akademik, Gedung Rektorat Lantai 3, Jalan Tamansari Nomor 20, Selasa (8/5/2018). Semester Antara tahun akademik 2017-2018 akan berlakukan sistem baru untuk pengambilan mata kuliah ke atas.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Unisba berencana akan mengeluarkan kebijakan baru Semester Antara tahun akademik 2017-2018 untuk pengambilan mata kuliah ke atas. Kepala Bagian Akademik, Iyan Bachtiar mengatakan kebijakan tersebut baru ditetapkan lantaran perancangan sistem yang lama.

“Tidak mudah membuat sistemnya. Tidak langsung dan harus banyak disesuaikan,” ungkapnya saat ditemui di Gedung Rektorat Lantai 3, Jalan Tamansari Nomor 20, Selasa (8/5).

Lanjutnya, Iyan menjelaskan pengambilan Semester Antara maksimal 9 SKS yang terdiri dari mata kuliah ke atas maupun ke bawah. Semester tersebut dilaksanakan pada 9 Juli hingga 31 Agustus 2018 sebanyak 16 kali pertemuan termasuk UTS dan UAS.

Iyan Bachtiar mengatakan sistem tersebut akan berjalan di seluruh fakultas kecuali Fakultas Kedokteran (FK). Ia beralasan FK menggunakan sistem paket sehingga tidak diberlakukan Semester Antara. “Jadi saat tidak naik tingkat, berarti ngulang semua. Kalo fakultas lain ‘kan enggak lulus satu ya satu itu aja yang diulang,” ungkapnya.

Mahasiswa Fakultas Psikologi, Karisa Triskarahmadipa menilai sistem tersebut bagus dan efektif. “Selain tidak membuang waktu libur, kita juga bisa cepat lulus,” ujar mahasiswa angkatan 2016. (Puspa/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *