Unisba Raih Akreditasi A

Wakil Rektor I Rakhmat Ceha menjelaskan tujuh standar penilaian akreditasi yang mempengaruhi peringkat Unisba yang sebelumnya mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) B meningkat menjadi A. Saat ditemui di Rektorat Unisba, Jalan Tamansari No.1 Kota Bandung pada Senin (04/9/2017), Rakhmat menjelaskan walaupun fasilitas Unisba masih kurang, namun Unisba lebih menekankan pada kualitas kinerja.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) pada 15 Agustus 2017 telah mengeluarkan surat keputusan No. 2732/SK/BAN-PT/Akred/PT/VIII/2017 mengenai peringkat yang diperoleh Unisba. Setelah sebelumnya mendapatkan peringkat B, saat ini Unisba berhasil mendapatkan Akreditasi Perguruan Tinggi (APT) dengan peringkat A yang berlaku hingga 15 Agustus 2022 mendatang.

Menurut Wakil Rektor I Rakhmat Ceha pencapaian tersebut didapat dengan melalui tujuh standar penilaian selama tiga tahun terakhir. Menurutnya Unisba lebih menekankan pada kinerja setiap orang didalamnya. “Jika dibandingkan dengan universitas lain, fasilitas Unisba memang masih kurang tapi nilai kita tinggi di pengelolaan,” ujarnya saat ditemui di ruangannya pada Senin (4/9).

Mahasiswa Fakultas Teknik Planologi 2016, Siti Finatih Nurhalizah merasa bangga dengan diperolehnya akreditasi A. Menurutnya hal itu akan membantu alumnus Unisba dalam prospek kerja nanti. “Alhamdulillah sekarang akreditasinya sudah A, jadi bakal ngebantu kita (baca: mahasiswa) juga nanti setelah lulus bahwa Unisba itu mampu,” ungkapnya.

Berbeda dengan Siti Finatih, Tasya Andini Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) melihat jika dari realitasnya fasilitas Unisba masih kurang memadai. Ia berharap dengan meningkatnya akreditasi Unisba diharapkan fasilitasnya juga meningkat. “Saya rasa fasilitas juga tidak ada perubahan, sedangkan yang kita butuhkan juga banyak jadi sangat disayangkan sekali,” tutup mahasiswa angkatan 2015 itu. (Gina Fatwati/SM)