Unisba Berlakukan Aturan Penilaian Baru

Sistem penilaian Universitas Islam Bandung (Unisba) yang tertera dalam buku Pedoman Akademik Mahasiswa 2017/2018. Sejak  tahun akademik 2017/2018 Universitas Islam Bandung (Unisba) memberlakukan aturan penilaian baru dengan menggunakan sistem plus (+) minus (-).

Suaramahasiswa.info, Unisba – Sejak  tahun akademik 2017/2018 Universitas Islam Bandung (Unisba) memberlakukan aturan penilaian baru dengan menggunakan sistem plus (+) minus (-). Sistem penilaian tersebut sudah ada dalam buku Pedoman Akademik Mahasiswa 2017/2018. Universitas menerapan aturan tersebut bagi angkatan 2017, untuk angkatan sebelumnya, dikembalikan pada masing-masing fakultas.

Kepala Bagian Akademik Yan Bachtiar mengatakan, aturan tersebut dipilih agar penilaian akademik berlangsung adil. “Range nilai misal salah satu mahasiswa skornya 7.1 nilainya B. Sedang yang satunya lagi 7.0 jadi C,” jelasnya saat ditemui pada Selasa (09/01).

Yan juga menjelaskan perhitungan sistem tersebut tidak masuk kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) yang sekarang digunakan Unisba dan berbeda dalam pengalianya saja. “Kalau B kan pengalinya 3 nah kalau C+ 2.5,” ungkapnya.

Meskipun sudah ada dalam Buku Pedoman Akademik, belum semua fakultas menerapkan aturan ini. Yan menuturkan, baru Fakultas Kedokteran sudah memberlakukan aturan ini sejak dulu dan Fakultas Ekonomi dan Bisinis sudah memulai nya juga. “ Buku pedoman kan baru turun yah, dan fakultas juga secara bertahap mengadopsi aturan tersebut. Jadi gimana kesiapan dari fakultasnya,” ungkapnya. (Denis/Job)