RK Harapkan Mahasiswa Unisba Miliki Imtak dan Imtek

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK) memberikan materi pada kegiatan ta’aruf mahasiswa baru Universitas Islam Bandung (Unisba) pada Selasa  (5/9/2017). Dalam penuturannya, RK mengatakan mahasiswa harus memiliki dua aspek sebagai pemimpin, yaitu iman, takwa (Imtak) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (Imtek) . (Intan/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Masa ta’aruf mahasiswa baru Unisba memasuki hari terakhir pada Selasa (5/9) di Gedung H. Kartimi Kridoharsodjo. Tahun ini pun universitas menghadirkan pemateri Wali Kota Bandung Ridwan Kamil (RK). Ia memberikan materi dengan tema ‘Dari Unisba untuk Ummat Generasi Milenial Yang Kreatif dan Cerdas di Era Global’.

RK menjelaskan, pemimpin haruslah memiliki dua aspek yaitu iman, takwa (Imtak) serta ilmu pengetahuan dan teknologi (Imtek). Menurutnya, apabila Indonesia ingin menjadi bangsa yang hebat, tentu saja memerlukan kedua kecakapan tersebut.

“Aspek ini ada di Unisba, Saya berharap banyak mahasiswanya bisa menggabungkan kedua hal ini. Sedangkan, memiliki pribadi dengan keimanan dan keilmuan dunia seperti teknik, kedokteran dan lainnya diterapkan untuk menyelesaikan masalah teknis yang ada,” ujar RK.

Dijelaskan RK, kian bertambahnya manusia menjadi penyebab dunia mulai kompetitif memperebutkan segalanya. “Akibatnya kalau anda tidak memiliki nilai tambah anda hanya menjadi angka,” terang RK ketika memberikan materi. Ia pun menghimbau untuk tidak terlalu mengejar akademis, tetapi berusaha untuk memiliki nilai lain, salah satunya melalui organisasi.

Tanggapan pun dilontarkan oleh Kasie Kegiatan Kemahasiswaan Hasyim Adnan, ia membenarkan bahwa berorganisasi bagi mahasiswa Unisba itu penting. Namun menurutnya mahasiswa masih saja ketakutan terhadap kuliah tidak tepat waktu. “Mahasiswa Unisba harus bisa membagi waktu untuk kuliah dan berorganisasi,” tandasnya.

Hasyim berharap ta’aruf  ini bisa cukup mewakili pengenalan Lembaga Kegiatan Mahasiswa (LKM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Unisba yang merupakan organ intra kampus. “Harus ada agenda khusus yakni Unisba Expo yang digelar oleh BEMU. Saya meminta untuk mengadakannya di semester ganjil agar sasaran penerimaan anggota baru mengena,” ungkap Hasyim ketika diwawancarai usai acara ta’aruf 2017. (Iqbal/SM)