Ragam Kelakuan Mahasiswa yang Bikin Kesal Jukir

Seorang mahasiswa membayar parkir di Pos Parkir Resimen Mahasiswa (Menwa) Unisba, Jalan Tamansari No.1 pada Selasa (30/7/2019). (Aryana Catur/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Jika mahasiswa mengeluhkan fasilitas parkir, juru parkir (jukir) justru mengeluhkan kelakukan mahasiswa. Jukir mengeluhkan kelakuan beberapa mahasiswa yang terkadang bikin kesal saat menjalankan tugasnya.

Ragam kelakuan mahasiswa yang bikin jukir kesal seperti tidak mengambil karcis, tidak membayar parkir, menitipkan barang selain helm, dan sebagainya. Jukir Unisba, Ade Supriatna mengisahkan pengalaman bertemu mahasiswa yang berperilaku seperti itu.

“Ya sebenarnya risih sih [jika mahasiswa tidak bayar]. Setorannya jadi bagaimana ‘kan, masa kita harus nombokin uang yang kurang, kadang kurang Rp 500,00 kadang kurang Rp 1.000,00 bahkan besoknya sampai lupa enggak bayar,” tutur jukir yang sudah bekerja kurang lebih satu tahun.

Kepala Parkir Unisba, Mulyadi juga menceritakan ragam kelakuan mahasiswa yang tidak taat. Katanya, mahasiswa ada yang ingin diperlakukan spesial karena ada rekan keluarganya pegawai di Unisba. “Mahasiswa itu meminta parkir di area khusus pegawai. Hal itu jelas ditolak, tanpa pengecualian,” di Sekretariat Yayasan Unisba, Jalan Tamansari No. 26 pada Senin (5/8). Selama berstatus mahasiswa, maka akan diperlakukan seperti mahasiswa lain.

Mulyadi juga mengatakan, jam kerja jukir sampai pukul 22.00 WIB, lewat dari itu biasanya diganti oleh satpam yang akan membukakan gerbang. Sesaat dibukakan gerbang, kata Mulyadi, tidak sedikit mahasiswa yang langsung pergi tanpa membayar biaya parkir atau sekedar berterimakasih kepada satpam.

Selain kelakuan mahasiswa yang nyelonong, pria paruh baya itu juga menceritakan kelakuan mahasiswa pengguna motor gede yang meminta pemindahan tempat atau melebarkan ruang agar motornya masuk.

Penanganan mahasiswa yang tidak taat aturan itu, menurut Mulyadi, sampai sekarang hanya tahap teguran yang bisa dilakukan. “Kalau memang sudah terbukti benar salah atau melanggar aturan, langsung tegur saja. Kalau saya ada di sana, kemudian ada mahasiswa yang melanggar aturan dan tidak membayar parkir langsung saya tegur.”

Reporter: Verticallya Yuri S.E Pratiwi & Eriza Reziana

Penulis: Verticallya Yuri S.E Pratiwi

Editor: Febrian Hafizh Muchtamar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *