Merujuk Peraturan Menkes, Klinik Unisba Direnovasi

Beberapa pekerja melakukan renovasi Klinik Unisba, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung pada Jumat (22/3/2019). (Aryana Catur/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Klinik Unisba melakukan pelebaran ruangan berdasarkan Dinas Kesehatan yang merujuk pada peraturan Menteri Kesehatan (Menkes) No. 9 tahun 2014 Pasal 7. Kasie Klinik, Aceng Zaenal mengatakan pelebaran ruangan tersebut karena akan ada fasilitas baru: ruang menyusui dan ruang bersalin.

Selain fasilitas bangunan, dalam penerimaan pasien pun Klinik Unisba dapat menerima pasien rujukan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS). Artinya, bukan hanya untuk mahasiswa saja melainkan terbuka bagi masyarakat umum. “Untuk pasien rujukan persyaratannya hanya membawa fotocopy KTP dan fotocopy kartu BPJS ketika datang berobat,” ujarnya.

Kepala Sarana dan Prasarana, Koko Heryadi membenarkan perluasan klinik karena dirasa membutuhkan ruangan yang besar. “Jika dibandingkan dengan universitas lain, seperti Universitas Padjajaran dan Maranatha, kondisi klinik sangat jauh berbeda. Kita juga ingin memberikan pelayanan yang lebih kepada mahasiswa,” jelasnya Jumat (22/3) di Sekretariat Pengurus Yayasan Unisba, Jalan Tamansari No. 26.

Pelebaran ruangan Klinik Unisba, kata Koko sudah berjalan sejak dua bulan lalu dan diperkirakan akan rampung pada bulan Mei mendatang. “Jika dihitung dari sekarang beresnya sekitar satu bulan atau satu setengah bulan.”

Mahasiswa Fakultas Kedokteran 2016, Edi Nanto menganggap pelebaran klinik dirasa bagus dan harus ditingkatkan kembali. Ia pun berharap pembaharuan bukan hanya pada gedungnya saja, melainkan kualitas petugas kliniknya pun harus ditingkatkan lagi.

Lain halnya dengan mahasiswa Teknik Prodi Planologi, Firlya Nuzsa Miyori mengungkapkan masih banyak bangunan yang harus lebih diprioritaskan, namun pelebaran klinik pun dirasa baik untuk mahasiswa. “Harapannya ketika klinik udah jadi akan berguna juga buat masyarakat, meskipun yang harus diutamakan tetap mahasiswa toh mereka juga bayar,” tutur mahasiswa angkatan 2018 itu.

Reporter: Aryana Catur/SM

Penulis: Puspa Elissa Putri/SM

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *