Mengatasnamakan Rektor, Mahasiswa Ditipu

Foto ilustrasi mahasiswa mentransfer uang kepada pelaku penipuan.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (Fikom) Unisba, Rifky Ariq menjadi korban penipuan pada Selasa (10/4). Modus penipuan tersebut diiming-imingi pelatihan kewirausahaan.

Kejadian tersebut terjadi sekitar pukul 10.00 WIB. Ketika menelpon, pelaku mengaku sebagai Rektor Unisba. Rifky mengatakan, ia diberitahu terpilih untuk pelatihan entrepreneur di Jakarta. “Dari tujuh orang, saya jadi salah satu yang terpilih,” ungkapnya.

Lanjutnya, Rifky mengatakan pelaku meminta uang sebesar Rp1.452.000 untuk pencairan dana sebanyak Rp3 juta. Dana tersebut untuk kebutuhan akomodasi. “Waktu sudah transfer, pelaku bilang masih kurang jadi disuruh transfer lagi Rp500 ribu tapi keburu saya konfirmasi ke rektorat.” Saat ditelpon pihak rektorat, pelaku langsung menutup telpon.

Kepala Seksi Publikasi dan Dokumentasi Unisba, Siti Komalasari menanggapi hal tersebut. Ia mengatakan mahasiswa harus berhati-hati menerima informasi, sekalipun yang mengatasnamakan Unisba. “Unisba juga sudah nyebarin perihal himbauan mengenai ini lewat media sosial,” tuturnya di Gedung Rektorat, Jalan Tamansari No. 20. (Puspa/Job)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *