KBMU Adakan Dialog Terbuka dengan Rektor

Rektor Universitas Islam Bandung (Unisba) Edi Setiadi menanggapi keresahan mahasiswa dalam dialog terbuka Keluarga Besar Mahasiswa Unisba (KBMU) pada Kamis (28/9/2017) di Aquarium Unisba, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung. Dalam dialog tersebut, mahasiswa Unisba mengungkapkan keresahan yang dialami, terutama masalah fasilitas.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Keluarga Besar Mahasiswa Unisba (KBMU) mengadakan dialog terbuka bersama Rektor Unisba Edi Setiadi dan Wakil Rektor III Asep Ramdhan Hidayat pada Kamis (28/9) di Aquarium Unisba, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung. Dialog tersebut dibuka oleh Presiden Mahasiswa, Muhram Fauzi yang mengungkapkan permasalahan Unisba kian tidak stabil. “Supaya lebih jelas kita mengundang beliau (baca: rektor) untuk mendengarkan keresahan mahasiswa,” ucap mahasiswa Fakultas Syariah 2012 ini.

Keluhan juga dilontarkan salah satu mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB), Maulana Ahmad Siddiq yang menyatakan pihak yayasan maupun rektorat saling tuduh-menuduh. “Dari yayasan disuruh ke rektorat, dari rektorat ke yayasan, sampai sekarang dilempar terus seperti itu. Padahal keluhan itu berdampak bagi semua masyarakat Unisba,” ungkapnya.

Berbeda dengan Maulana, Muhammad Rai berpendapat Unisba tidak bisa mengatur penerimaan mahasiswa yang tiap tahun meningkat ditambah mahasiswa yang belum lulus. Menurutnya, hal tersebut tidak sebanding dengan ruang kuliah yang tersedia, sehingga mahasiswa kewalahan dengan jadwal yang banyak bertabrakan.

Edi menanggapi, permasalahan ruang kuliah ini sedang berusaha dibenahi. Pihaknya tengah menunggu pembangunan gedung di Tamansari No. 24 yang belum mendapat izin. Ia menambahkan, dalam waktu dekat ini di lantai sembilan Gedung Fakultas Kedokteran dibangun dua ruang kuliah. “Saya tahu betul. Saya berusaha meminimalisir dengan membangun ruangan baru yang akan terealisasi tidak lama lagi.”

Usai berdialog bersama rektor, Ketua Dewan Amanat Mahasiswa (DAMU) Irfan Kafayama mengatakan, mahasiswa akan tetap menuntut keresahan lain yang belum terpenuhi. Ia mencanangkan akan mengadakan pertemuan lanjut antara mahasiswa dengan pihak rektorat dan yayasan pada Rabu (4/10) di Gedung Aula Unisba. (Febrian/SM)