Fintech: Perkembangan Ekonomi Digital Era Milenial

Para pemateri menyampaikan materinya dalam Kuliah Umum dengan tema “Fintech dalam Perbankan dan Implikasinya terhadap Kebijakan Moneter di Indonesia”, bertempat di Gedung Kartimi Kridhoharsojo (Aula), Senin (10/12/2018). Menurut Dosen Ilmu Ekonomi, Astina Frida, acara tersebut bertujuan agar mahasiswa bisa menambah wawasan mengenai perkembangan ekonomi digital melalui Fintech. (Itha/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Kuliah Umum mengenai Financial Technology (Fintech) yang diselenggarakan oleh Program Studi Ilmu Ekonomi dan Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi (HIMA-IE) Unisba, bertempat di Gedung Hj Kartimi Kridoharsodjo, Senin (10/12). Kepala Bagian Pengawasan Keuangan OJK, Novianto Utomo menjelaskan, Fintech merupakan sebuah inovasi gabungan antara jasa keuangan dengan teknologi.

Fintech memudahkan masyarakat, khususnya mahasiswa untuk mengakses produk-produk keuangan, mempermudah transaksi dan meningkatkan literasi keuangan,” ucapnya saat menyampaikan materi dalam Kuliah Umum.

Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Prodi Ilmu Ekonomi, Astina Frida menjelaskan acara tersebut bertujuan agar mahasiswa bisa menambah wawasan mengenai perkembangan ekonomi digital, salah satunya Fintech. Ia juga mengungkapkan zaman milenial ini dekat dengan teknologi, salah satunya perubahan paradigma di sistem kombinasi antara finansial dengan teknologi.

“Pertama, supaya bisa membuka wawasan terkait dengan perkembangan ekonomi digital dan sharing knowledge antara mahasiswa dengan dosen terhadap pemandu kebijakan yang terkait dengan Fintech yaitu OJK dan Bank Indonesia. Saya berharap, untuk kedepannya semoga kita bisa menjadi penentu bukan hanya menjadi konsumen,” ujar Astina saat ditemui diruangannya, Senin (10/12).

Mahasiswa FEB Prodi Ilmu Ekonomi, Ade Rizky menanggapi Fintech sangat penting untuk dipahami, agar bisa memanfaatkan digital ekonomi secara maksimal di zaman milenial. “Hal itu penting karena dengan adanya perkembangan Fintech dapat menyingkat waktu dan mengeluarkan biaya yang lebih murah,” ujar mahasiswa angkatan 2018.

Reporter: Itha Afifah

Penulis: Itha Afifah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *