Fakultas Teknik Terapkan Sistem Cuti Akademik Baru

Kepala Seksi Akademik Fakultas Teknik, Agus Gumilar mencari berkas mahasiswa yang melakukan cuti akademik periode 2018/2019 di kantor Fakultas Teknik, Jalan Tamansari No. 1, Kota Bandung pada Selasa (23/10/2018).

Suaramahasiswa.info, Unisba – Fakultas Teknik menerapkan sistem baru cuti akademik yang disahkan lewat surat dari Wakil Rektor I pada 12 September 2018. Sistem tersebut menyebut jika mahasiswa tidak mengajukan cuti akademik sesuai prosedur, maka wajib membayar Infaq Kuliah Tetap (IKT).

Kepala Seksi Akademik Fakultas Teknik, Agus Gumilar menjelaskan perubahan sistem tersebut karena beberapa mahasiswa tetap melakukan perkuliahan hingga berakhirnya pembayaran SKS, tetapi tidak mengajukan cuti akademik. “Artinya mahasiswa tersebut sudah menerima transfer ilmu jadi wajib bayar. Itu alasan dasarnya,” kata Agus di kantor Fakultas Teknik, Jalan Tamansarni No. 1 pada Rabu (24/10).

Agus melanjutkan, meskipun mahasiswa tidak melakukan cuti akademik di semester sebelum disahkannya sistem baru, maka mahasiswa tersebut dilakukan penagihan tunggak.

“Kebetulan mahasiswa dari program studi (prodi) Tambang 1 orang dan Planologi 3 orang  dilakukan penagihan tunggak. Tagihannya di semester genap di periode 2017/2018 yang dicutikan, lalu saat dia mau aktif lagi harus bayar IKT ditambah harga cuti akademik untuk menutup tunggakkan.”

Sedangkan mengenai sosialisasi, Agus mengungkapkan telah dilakukan melalui pimpinan Fakultas Teknik ke Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Teknik dan Dewan Amanat Mahasiswa (DAM) Teknik.

Mahasiswa Fakultas Teknik Prodi Tambang, Yuda Griya menganggap tidak harus ada pembayaran IKT. Alasan Yuda karena fungsi cuti akademik untuk mahasiswa yang terkendala ekonomi. “Jangan sampai membebankan mahasiswa, bisa saja enggak sesuai prosedur karena ada keperluan lain. Kalau bisa kaji ulang sistemnya,” tuturnya. (Puspa/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *