Dana Tak Kunjung Cair, Porseni Terancam Batal

Foto : Dokumentasi SM

Suaramahasiswa.info, Unisba – Dana Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) hingga Senin (11/9) belum dicairkan oleh pihak Kemahasiswaan. Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Bobby Julio berkata acara ini akan terancam dibatalkan atau ditunda jika Bagian Kemahasiswaan tidak memberi dana. “Solusinya ya Porseni diundur sampai semester depan. Tetapi pelaksanaan tetap dipegang oleh BEMU,” tuturnya.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Dewinta Sari Febriantini  mengungkapkan BEMU baru memberikan proposal Porseni hari ini. “Kami melakukan audiensi ke Wakil Rektor (Warek) III, hasilnya belum menemukan titik temu, kapan dana Porseni akan turun,” ucapnya saat ditemui di Sekretariat BEMU Jl.Tamansari no.1 pada Kamis (7/9).

Dewinta menambahkan jika sampai pembukaan Porseni pada Senin (18/9) dananya belum turun, maka Kemahasiswaan yang harus tanggung jawab. Sebab, acara ini merupakan program dari Bagian Kemahasiswaan yang dibantu oleh BEMU. Tetapi, ia tetap optimis jika dana Porseni akan turun sebelum kegiatan dimulai.

Warek III, Asep Ramdhan Hidayat memaparkan jika yayasan belum memberi uang untuk kegiatan Porseni. Ia menjelaskan acara yang dimulai dari bulan September harus menunggu anggaran turun dikarenakan sudah masuk periode 2017/2018. Tambahnya, BEMU terlalu cepat melakukan Porseni di bulan September, padahal kegiatan ini bisa dilaksanakan pada bulan Oktober.

Kata Asep, BEMU belum memberi proposal ke universitas hingga saat audiensi. Sementara, proposal harus sudah masuk minimal dua minggu sebelum kegiatan. Ia mempertegas mengenai anggaran dan konsep acara sebenarnya.  Menurutnya, berkaca ke Porseni tahun kemarin yang menggunakan dana besar tetapi acaranya biasa saja. “Dana tidak akan cair sampai pembukaan Porseni,” tegasnya. (Puteri/SM)