Dana Belum Cair, Silatnas Diundur

Foto ilustrasi.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Program Silaturahmi Nasional (Silatnas) oleh BEMU rencananya diselenggarakan pada Senin (3/12). Namun Presiden Mahasiswa, Priyo Puji Laksono mengatakan acara tersebut diundur lantaran kekurangan dana. “Tanggal pengunduran Silatnas belum tahu tetapi pasti Desember ini,” jelasnya Kamis (4/12).

Dana acara tersebut, kata Priyo tidak seluruhnya menggunakan dana Kemahasiswaan. Sebelumnya Kemahasiswaan sudah mengucurkan dana awal sebanyak Rp 10 juta tetapi setelah diperhitungkan, Priyo menilai tidak cukup sehingga ditopang dengan sponsor.

“Uang dipakai untuk akomodasi ke Jakarta mencari pemateri, mencari sponsor, membuat Pamflet, konsumsi rapat, baju panitia, dan pengganti tiket,” tuturnya di Gedung Aquarium, Jalan Tamansari No. 1.

Terkait sponsor, Priyo mengungkapkan belum ada kesepakatan untuk menjalin kerjasama. Pasalnya dana tambahan Kemahasiswaan belum cair otomatis sponsor pun belum menyepakati karena hanya sebagai penopang. “Acara ‘kan tingkat nasional jadi tidak bisa mengandalkan uang Kemahasiswaan saja. Juga sudah H-2 pun Kemahasiswaan belum memberi kejelasan tentang dana lanjutan,” lanjut Priyo.

Priyo pun telah mensosialisasikan pengunduran Silatnas kepada seratus perguruan tinggi se-Indonesia yang diundang. Meskipun begitu sudah ada dua perguruan tinggi yang membeli tiket menuju Bandung, yakni Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta dan Universitas Negri Gorontalo. “Tiketnya sudah diganti.”

Presiden Mahasiswa Universitas Gunung Leseur (UGL) Aceh, Mufti Yusima merasa kecewa terhadap diundurnya Silatnas. Tadinya Muftih berharap perkumpulan ini dapat menjadi ajang silaturahmi perguruan tinggi se-Indonesia. “Semoga tidak ada pembatalan lagi untuk Silatnas kedepan,” ungkapnya. (Puspa/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *