To be a Good Listener and Good Observer with Alvin Adam

Acara ini adalah bentuk perkenalan prodi manajemen komunikasi kepada mahasiswa baru Fikom Unisba 2012. “Ini merupakan pengaplikasian dari mata kuliah produksi siaran TV. Kami memilih Alvin Adam sebagai pembicara karena ia adalah seorang konseptor acara Just Alvin, dimana acara tersebut dapat menginspirasi orang banyak,” ujar Irfan Fauzi selaku Ketua Pelaksana.

Alvin menjelaskan bahwa entertainment news mempunyai value. Hal yang penting dalam komunikasi adalah rasa, sehingga Alvin pun menciptakan “Jurnalisme Rasa” yang berarti jurnalisme yang menggunakan empati. Ia berpendapat bahwa jurnalisme saat ini tidak mempedulikan rasa dan tidak memperhatikan cover both side.

Salah satu peserta M. Iksan Hermana mengaku sangat mengaparesiasi acara ini.Seru banget acaranya, pembicaranya juga seru banget. Materinya ringan jadi kita bisa nangkep dengan baik,” tutur mahasiswa Fikom Unisba 2012. Irfan juga menambahkan bahwa ia berharap dengan adanya studium general ini mahasiswa akan tahu bagaimana cara memproduksi siaran televisi yang baik.

Alvin berpesan bahwa dalam berkomunikasi yang baik, kita harus menjadi pendengar yang baik. “Jadilah good listener dan good observer. Dari situlah akan muncul seribu satu pertanyaan yang otentik,” tutup Alvin. (Desyane/SM)