Sistem Pendaftaraan Online Untuk Mahasiswa Baru

Sejumlah siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) keluar dari pusat informasi Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) setelah bertanya-tanya kepada Pihak Panitia PMB, Kamis (5/3).

Suaramahsiswa.info, Unisba – Universitas Islam Bandung kini telah menerima pendaftaran Mahasiswa Baru yang sudah di buka pada awal Januari lalu. Pendaftaran di bagi menjadi tiga gelombang, yang pertama pada tanggal 05 Januari s/d 07 mei, kedua 11 mei s/d 18 juni dan ketiga 22 juni s/d 30 juli 2015. Sistem pendaftaran online ini sudah dilakukan semenjak dua periode terakhir yang lalu.

Riza Hernawati selaku HUMAS Unisba menuturkan prosedur pendaftaran online ini cukup mudah. “Hanya perlu membeli Username dan Pasword di BRI Syari’ah, lalu mendaftar di http://pmb.unisba.ac.id/. Kemudian setelah aktivasi selesai, mereka akan mendapatkan kartu peserta yang didalamnya tercantum jadwal dan tempat pelaksanaan Ujian Saringan Masuk (USM).” Jelasnya

Sama halnya dengan pendaftaran USM, penerimaan melalui jalur Penelusuran Minat Dan Kemampuan (PMDK) pun dapat dilakukan secara online. Prosedurnya tak jauh beda dengan jalur biasa. Bedanya, calon pendaftar akan diminta email dan melengkapi berkas melalui online selama 1×24 jam.

Kebijakan ini di keluarkan oleh Wakil Rektor I, Rachmat Ceha dengan harapan dapat mempermudah calon mahasiswa baru untuk melakukan pendaftaran. Riza pun memaparkan dengan diterapkannya sistem online, peminat pun jauh lebih banyak di banding dengan pendaftaran secara langsung. Namun pihaknya masih menganalisis kelebihan dan kekurangannya, mengingat baru diterapkannya sistem seperti ini. (Anis/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *