Ramainya Kegiatan Baksos di Bulan Ramadhan

Suaramahasiswa.info, Unisba- Bulan suci Ramadhan telah tiba. Di bulan ini, umat muslim berlomba-lomba untuk mendapatkan pahala dari sang maha pencipta sebanyak-banyaknya. Salah satu kegiatan khas yang banyak dilakukan di setiap ramadhan oleh komunitas atau organisasi kampus adalah bakti sosial (Baksos), ke panti asuhan, anak jalanan atau kaum Dhuafa.

Di Universitas Islam Bandung (Unisba), baksos merupakan agenda bulanan yang dijalankan oleh beberapa BEM Fakultas maupun Universitas. Tak heran, stand-stand mulai berjejeran menghiasi pemandangan kampus untuk menarik masa agar turut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

Beberapa fakultas dan himpunan mahasiswa yang akan mengadakan Baksos, antara lain:

1. Himpunan Mahasiswa Teknik Industri (HMTI)

2. BEM FE

3. BEM Fikom

4. Keluaraga Mahasiswa Manajemen Komunikasi (KMMK)

5. Keluaraga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ)

6. Himpunan Mahasiswa Public Relations (Hima PR)

7. BEM Psikologi

8. BEM Dakwah

9. BEM Tarbiyyah

10. BEM Kedokteran

11. BEM Universitas Islam Bandung

Itu tadi daftar BEM dan himpunan yang akan mengadakan baksos, tinggal memilih kemana kita akan menyalurkan sumbangan kita. Menurut Ahmad Muthowwif mahasiswa dari fakultas teknik Tambang, mengatakan bahwa himpunnanya sudah terlebih dahulu mengadakan baksos. Ia berharap semoga manfaat dari baksos ini dapat diterima oleh kaum dhuafa yang menerima bantuaanya. “Semoga kegiatannya bermanfaat dan terus berlanjut ke fakultas-fakultas lainnya,” ungkapnya.

Anehnya kegiatan baksos hanya rutin diadakan ketika bulan puasa saja. Sementara bulan-bulan lainnya jarang sekali organisasi kampus mengadakan baksos. Menurut Sarah Latama kegiatan amal sering dilakukan oleh BEM Fikom, seperti ketika ada bencana alam atau musibah-musibah. “Baksos itu seperti kegiatan pamungkas, untuk memaksimalkan kegiatan amal. apalagi di bulan puasa yang penuh dengan rakhmat dan berkah dari Allah,” ujar ketua BEM Fikom ini. (Winda Rahma/SM)