Plus-Minus Pemilu Hari Kedua


Ada sedikit gangguan di tengah pemilu. Perangkat yang digunakan untuk pemilihan, yakni sistem e-polling, mengalami gangguan. Akibatnya, sebagian mahasiswa fakultas kedokteran terpaksa memilih capres dan cawapresnya di kampus Tamansari. “Ribet juga sih, jadi harus milih disini gara-gara disana error. Selain itu, disini harus registrasi lagi,” ujar Azia, mahasiswa Kedokteran 2011.

Vino, selaku komisi eksternal DAMU mengatakan bahwa pemilu hari ini mengalami penurunan kuantitas dibanding jumat lalu, dikarenakan pada Sabtu kemarin ada sejumlah fakultas yang tidak melaksanakan kegiatan perkuliahan. “Keputusan pemilihan hari Sabtu ini adalah keputusan bersama antara calon dan BPPU, jadi jika terjadi penurunan kuantitas, itu adalah resiko yang harus ditanggung bersama. Meskipun begitu, kami sudah berusaha melakukan antisipasi kurangnya pastisipasi,” ucapnya. Beberapa panitia BPPU yang ditemui oleh wartawan SM menolak untuk diwawancara dikarenakan padatnya kegiatan mereka.

Dari segi koordinasi terhadap keamanan kampus, Cevi selaku satpam mengaku bahwa pihak BPPU tidak mengambil langkah cepat dalam bekerja sama perihal keamanan acara dengan satpam. “Seharusnya mereka bilang ke pihak kamtib dulu, jadi pekerjaan kami tidak mendadak seperti ini. Ditambah lagi kami para satpam kebanyakan orang jauh. Untung ada beberapa yang siaga,” ujarnya. Ia menambahkan bahwa seharusnya saat maghrib tiba, acara ini sudah selesai agar suasana kampus lebih aman. Akan tetapi, secara keseluruhan Cevi mengaku kegiatan ini berlangsung cukup kondusif.