Klarifikasi Fakultas Terkait Kritik di Media Sosial

Sejumlah mahasiswa Fikom Unisba berkumpul mendengarkan klarifikasi dari pihak fakultas. Kegiatan ini berlangsung di pelataran dalam Fikom, pada Rabu (16/4). 

Suaramahasiswa.info, Klarifikasi mengenai isu-isu yang berkembang di Fikom berlangsung di dalam ruangan pelataran Fakultas Ilmu Komunikasi pukul 16.00 pada Rabu (16/4). Acara ini dihadiri oleh perwakilan dari lima lembaga, dekan, wakil dekan satu, wakil dekan dua, kemahasiswaan dan sebagian mahasiswa dari Fikom Unisba. Berbagai pertanyaan diajukan oleh mahasiswa, terutama mengenai kasus yang sedang hangat dibicarakan yaitu kebebasan berpendapat di media sosial.

Santi Indra Astuti mengklarifikasi pertanyaan yang di alamatkan kepadanya, tentang penundaan mata kuliah seminar kepada seorang mahasiswa jurnalistik 2010. Ia mengatakan bahwa mahasiswa tersebut tidak mendapatkan sangsi dari pihak fakultas, karena hal ini adalah permasalahan personal dengan mahasiswa bersangkutan. “Kedua pihak sudah berbicara, dan mahasiswa tersebut sudah menerima konsekuensi yang diberikan, tidak ada yang dipermasalahkan lagi,” tuturnya.

Acara mediasi ini bertujuan sebagai salah satu cara mengklarifiasi berbagai masalah yang sedang santer dibicarakan di Fikom. Kegiatan tadi menuai komentar ketidakpuasan, salah satunya dari Deo Kurnianto. “Kalau menurut saya masih belum cukup kalau cuma sampai disini, masih bakal ada jalan mediasi lainnya yang mungkin lebih personal,” ungkap Ketua Keluarga Mahasiswa Jurnalistik Unisba.

Tsania Shofia memaparkan setelah adanya kegiatan tersebut diharapkan membuat masyarakat Fikom lebih percaya lagi kepada lembaga dalam memberikan aspirasi. Harapan lain pun muncul dari O. Hasbiansyah, “setelah ini saya berharap antar satu sama lain sebagai suatu keluarga yang membangun kebersamaan. Kami menginginkan semua elemen ada kebersamaan, bukan berarti membiarkan keburukan, kalau salah katakan salah, tapi dengan cara yang bisa diselesaikan dengan baik,” tutup dekan Fakultas Ilmu Komunikasi ini. (Insan Fazrul/SM)