Biaya Semester Pendek (SP) Unisba Melonjak Naik Setiap Tahun

Hal tersebut diamini oleh Wakil Dekan I fakultas Ekonomi Yuka Sundaya S.E, M.Si. Menurutnya biaya Rp.150.000 tersebut sudah termasuk include ujian. Selain itu berguna menekan angka mahasiswa agar tidak mengikuti SP. Mahasiswa lebih baik berusaha dengan giat untuk mendapatkan nilai yang bagus di semester genap maupun ganjil. “Kenaikan ini kami tempatkan juga sebagai disensitif ekonomi bagi mahasiswa untuk mengurangi ketergantungan kuliah alih tahun,” tuturnya.

Biaya SP selalu mengalami kenaikan disetiap tahunnya. Tahun 2012 SP naik menjadi Rp.125.000/SKS yang tadinya hanya Rp.100.000/SKS. Tahun 2013 ini kembali naik menjadi Rp.150.000/SKS, kesimpulannya setiap tahun mengalami kenaikan senilai Rp.25.000.

Try Suci Rahayu mahasiswa Psikologi 2011, mengaku tidak setuju dengan kenaikan biaya tersebut. “Kenaikan biaya SP merugikan mahasiswa enggak setuju, saya rasa kenapa harus mahal biaya SP? jika esensinya adalah mempermudah mahasiswa lulus cepat,” tandas mahasiswa yang berencana mengikuti SP tahun ini. (Adil Nursalam/SM)