Unisba, Batasi Minimal Kuliah Empat Tahun

Rahmat Ceha tengah diwawancarai mengenai batas masa kuliah mahasiswa Unisba, bertempat di ruang Wakil Rektor lantai satu, gedung Rektorat Unisba, Selasa (2/9). (Amel/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba –  Unisba sendiri memiliki peraturan batas masa kuliah mahasiswa. Rahmat Ceha selaku Wakil Rektor 1 menjelaskan, minimal masa kuliah mahasiswa empat tahun dan maksimalnya tujuh tahun. Berbagai alasan dan cara menanggulangi masalah ini bereda-beda. “Diserahkan kembali ke fakultas masing-masing karena mereka yang lebih persis tahu masalahnya dan turun secara langsung,” jelasnya.

Mahmud Tohier selaku Wakil Dekan fakuktas Dakwah mengungkapkan, salah satu kuncinya senantiasa komunikasi dengan wali dosen agar saling mendukung. Ada perjanjian tertulis hitam di atas putih tapi ada saja dalam prosesnya tidak sesuai. “Masalah ini menjadi kewajiban fakultas dengan bantuan dosen wali, agar mahasiswa bisa menempuh kelulusan tepat waktu,” ujarnya.

Wawan Firmansyah mahasiswa Fakultas Syariah 2011, mengungkapkan tepat waktunya lulus kuliah seorang mahasiswa tergantung pribadi yang menjalaninya. Baginya setiap orang memiliki jalan pemikiran masing-masing untuk menentukan masa depannya. “Kalau saya kan harusnya tahun ini lulus tapi ada beberapa masalah yang belum selesai dan beberapa mata kuliah yang belum memuaskan,” ungkapnya. (Amel/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *