Sri Suwarsi: Rudi Jaelani Pribadi yang Sopan

Capture dari akun @DrPartizan-_ yang menggunggah sejumlah dokumen militan ISIS asal Indonesia. Sejumlah dokumen yang ditemukan terdapat SKCK, Transkrip Nilai, dan Keterangan lulus dari Unisba, dengan nama Rudi Jaelani. 

Suaramahasiswa.info, Unisba – Sri Suwarsi, dosen wali Rudi Jaelani masih merasa tidak percaya saat ditanyai keterkaitan Rudi dengan ISIS, sebab menurutnya dokumen itu bisa saja hasil curian. Sri menuturkan jika Rudi merupakan pribadi yang sopan. “Anaknya baik, ramah, seperti mahasiswa normal lainnya,” jelas Sri.

Menurut Sri secara akademis Rudi memiliki IPK yang terbilang aman dan yudisium yang memuaskan. Namun untuk urusan organisasi yang diikuti murid walinya, Sri mengaku kurang mengetahui. “Setahu saya dia tidak ikut organisasi apapun di Unisba, tapi kalau di luar kampus, enggak tahu tuh,” ucapnya. Hal ini dibenarkan oleh sahabat Rudi, Idham Pradipta yang menjelaskan kegiatan Rudi saat masih kuliah hanya ngampus, nongkrong, lalu pulang.

Idham Pradipta terkejut saat mengetahui keterdugaan Rudi yang terlibat ISIS.  Saat kuliah dulu ia bersama teman-temannya setiap hari terbiasa menghabiskan waktu bersama. “Rudi sudah bukan sekedar teman biasa, sudah kayak saudara sendiri,” ujarnya.

Rudi dan Idham pun terakhir kali berkomunikasi pada tahun 2014. Sedangkan dengan kerabatnya yang lain, tak lagi berkomunikasi selepas April 2015. “Dari situ lost kontak, Rudi sempat curhat ke seorang teman kita, kalau dia punya rencana ke Turki, tetapi ia tak menjelaskan maksud dan tujuannya” tutur Alumni FEB angkatan 2008 ini. (Wulan Y./SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *