SPeSIA-UNISBA 2016, Sajikan Peluang Kerja Mahasiswa

Arya Verdi Ramadhani, dari Auto2000 sedang memberikan materi mengenai peluang untuk bekerja di industri luar dalam acara SPeSIA-UNISBA 2016 pada Rabu (24/2) bertempat di Student Center.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Seminar Penelitian Sivitas Akademika Universitas Islam Bandung (SPeSIA-UNISBA 2016) telah terselenggara di Student Center Unisba pada Rabu (24/2). Selain pemberian materi dari pembicara, seminar ini pun menyuguhkan informasi bursa kerja bagi para calon wisuda gelombang satu. Seminar yang akan dilaksanakan selama dua hari ini, menyuguhkan penyuluhan mengenai struktur pembuatan karya ilmiah yang diberikan oleh Rektor Unisba Prof. Dr. dr. M. Thaufiq Siddiq Boesoirie, MS., Sp. THT-KL(K). Ia menuturkan, kini kualitas pendidikan Unisba sudah berada di peringkat 50 besar se-Indonesia yang merupakan suatu kebanggan bagi warga kampus biru.

Thaufiq menambahkan, pihak rektorat kini berencana akan mewajibkan penelitian ilmiah kepada para calon wisuda di gelombang berikutnya. Universitas berharap, hal tersebut dapat kembali menaikkan peringkat Unisba di mata Indonesia. Namun, saat ini industri kerja masih belum banyak memberi peluang terbuka bagi mahasiswa karna kurangnya komunikasi dari pihak Universitas. “Tetapi 90% dari penelitian ilmiah mahasiswa sudah terbilang aplikatif bagi tataran perguruan tinggi. Namun, untuk pengaplikasian hasil penelitian harus melalui kesadaran dari peneliti untuk memanfaatkan hasil yang mereka miliki,” tuturnya.

Hilda Syaidatul Ulfah, salah satu peserta seminar menuturkan acara ini merupakan agenda yang cukup penting khususnya bagi mahasiswa tingkat akhir yang memang sedang sibuk mencari pekerjaan. Selain itu, dalam rangkaian acara seminar ini mahasiswa dibagi kedalam dua bentuk presentasi hasil penelitian. Yaitu presentasi secara langsung (oral) atau membuat poster dan ditunjukkan melalui media. Hilda pun berharap seminar ini akan berkembang lebih baik lagi. “Semoga nanti seminar nya disertai dengan job fair,  agar mahasiswa lebih mudah mencari lahan kerja sesuai dengan yang diinginkan,” tutur mahasiswi Teknik Industri angkatan 2011 ini. (Agistha/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *