Sindo Goes to Campus Sambangi Unisba

Alex Sobur(Kiri) menyampaikan materi di depan para mahasiswa yang mengikuti seminar bertajuk “Konvergensi di Era Media Digital” di aula Unisba Senin (30/3). (Reza/SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Seminar Sindo Goes to Campus, bersama Koran Sindo dan Sindo TV menyambangi Unisba pada Senin (30/3). Bertempat di gedung aula H. Kartimi Kridoharsodjo, seminar ini dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai fakultas . Pembicaraan ini membahas tentang “Konvergensi Media di Era Digital”.

Armydian K, menjadi pemateri pertama dan membahas peran masyarakat dalam media. Selain menjadi pengonsumsi media, mereka juga harus menjadi produsen informasi media. . Literasi juga dibutuhkan agar konsumen media dapat menggali daya kritis masyarakat dalam menghadapi lalu-lintas media yang begitu gencar pada era digital ini. “Intinya, konsumen harus kritis dalam menghadapi lalu-lintas media yang saat ini begitu gencar,” Ujar pria yang berprofesi sebagai redaktur sindo tersebut.

Tidak hanya mengenai materi kejurnalistikan. Sindo Goes to Campus turut menadakan workshop mengenai pengoperasian kamera,presenter, dan news anchor. Disini diberikan pembekalan mengenai persiapan dan persyaratan agar bisa menjadi bagian di tiga bidang tersebut. Animo mahasiswa yang berminat menggeluti bidang tersebut pun cukup tinggi. Mereka berakting seolah reporter yang melaporkan di lapangan.

Latief Siregar, selaku pimpinan redaksi Sindo memaparkan, koran dan televisi adalah media publik. Dimana publik tercerahkan, terbantu, kemudian mereka merasa diapresiasikan oleh media. “Media harus menjadi corong sarana bagi suara publik.” ujarnya

Asfari Adam(20) menuturkan, meski dia bukan dari fakultas Ilmu Komunikasi, dia juga telah mendapatkan ilmu yang bermanfaat. Kurang lebih, dia telah mendapatkan pelajaran banyak tentang ranah kejurnalistikan.”Karena saya juga suka dengan jurnalisme, saya juga ingin menyampaikan informasi ke orang-orang.” Ujar mahasiswa fakultas hukum tersebut. (Febi/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *