Simulasi Pengadilan Semu Menjadi Program Baru PPMB Fakultas Hukum

Suasana acara simulasi pengadilan semu sebagai salah satu rangkaian PPMB Fakultas Hukum bertempat di basement Unisba Ranggagading, pada Selasa (15/9). (Dokumentasi Pribadi) 

Suaramahasiswa.info, Unisba- Rangkaian kegiatan PPMB Fakultas Hukum berlanjut pada Selasa (15/9). Setelah sebelumnya menghelat Gerakan Pungut Sampah pada Senin (14/9). Kali ini, simulasi pengadilan semu menjadi agenda kedua rangkaian acara yang digelar di Basement Kampus Unisba Jl. Ranggagading pada pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini merupakan program baru yang diusung oleh panitia PPMB Fakultas Hukum, dimana sebelumnya tidak pernah dilaksanakan selama beberapa tahun ke belakang.

Fatmayanti Fajrina selaku Ketua pelaksana mengungkapkan, tujuan dari simulasi ini adalah untuk memperkenalkan para mahasiswa baru mengenai sistematika pengadilan semu. Melalui tahap ini, seluruh peserta tentu didorong untuk arif terhadap pengadilan semu. “Tujuan dari simulasi pengadilan semu sendiri adalah memberi gambaran mengenai prospek kerja para mahasiswa baru nantinya di dunia hukum,” tutur Mahasiswa Fakultas Hukum 2012 tersebut.

Salah satu mahasiswa baru bernama Refo mengungkapkan, kegiatan ini sangat banyak memberi manfaat bagi dirinya pribadi terutama untuk profesi hakim. Selain itu, ia juga bisa lebih mengenal prospek kerja profesi-profesi di bidang hukum lainnya seperti jaksa penuntut dan pengacara sanksi. “Saya senang bisa mengenal lebih banyak profesi di bidang hukum, namun saya pribadi paling suka di profesi hakim, karena ingin melanjutkan profesi ayah saya,” pungkasnya.  (Febi/SM)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *