Puncak Akan Jadi Titik Kemacetan

Keadaan lalu-lintas di pertigaan jalan yang menghubungkan antar kota Bandung, Bogor dan Sukabumi. Sejauh ini belum terjadi kemacetan yang signifikan, semua masih ramai lancar, Cianjur, Sabtu (2/7). Puncak Bogor akan diprediksi menjadi titik rawan kemacetan pada Idul Fitri tahun ini. (Intan/SM)

Suaramahasiswa.info,Cianjur – Menjelang H-3 lebaran, sejumlah ruas jalan memang sudah dipadati kendaraan. Briptu Alfi Nur Arifin, mengatakan bahwa saat ini titik arus kepadatan berada di Ciranjang. Sekarang sedang dilakukan pemantauan secara global, dari berbagai arah yang melintasi Cianjur. Seperti Bandung-Sukabumi, Bandung-Bogor- Jakarta, Jakarta-Bogor- Sukabumi.

“Pemudik yang akan ke Jakarta, Bogor, Sukabumi, atau Bandung akan melewati Cianjur terlebih dahulu jika tidak lewat tol. Untuk dalam kota Cianjurnya relatif ramai lancar, biasanya titik puncak kemancetan terjadi saat arus balik di H+5 atau H+7,” papar anggota Traffic Management Center (TMC) Kabupaten Cianjur tersebut saat diwawancarai, Sabtu (2/7).

Alfi menuturkan, jika saat ini belum ada peningkatan yang signifikan dari pemudik. Namun hingga H-3 lebaran, peningkatan terjadi dari arah Bogor menuju Bandung. Untuk arah sebaliknya bisa dikatakan normal. Diprediksi bahwa titik kemacetan akan terjadi H-2 lebaran di jalur utama karena volume kendaraan yang meningkat. Menurut Alfi, daerah Puncak selalu menjadi titik kemacetan dari tahun ketahun. Pasalnya, ada saja pemudik yang sengaja lewat Cianjur lalu Puncak agar bisa berwisata terlebih dahulu.

“Untuk mengantisipasinya, kepolisian Polres Cianjur, membuat gambaran mudik melalui CCTV di twitter dan facebook. Kami akan update setiap satu jam sekali, jika jalanan sedang padat bisa sampai per tiga puluh menit. Di sana masyarakat bisa melihat pantauan yang direkam lalu di snapshoot dan di upload di sosial media berserta informasi tambahan lainnya,” jelasnya. (Intan S. Dewi/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *