Perkenalkan Fakultas Teknik dengan Kegiatan Peduli Lingkungan

Para peserta yang terdiri dari tiga Himpunan Mahasiswa Teknik Unisba (Planologi, Pertambangan, dan Industri) sedang melakukan sosialisasi peduli lingkungan dengan memungut sampah dan membagikan paper bag kepada masyarakat saat Car Free Day di Dago Bandung, Minggu(29/11).

Suaramahasiswa.info, Bandung – Dalam rangka memperkenalkan Fakultas Teknik kepada masyarakat luas. Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Teknik (BEM-FT) Universitas Islam Bandung (Unisba) bekerja sama dengan Clean and Green Team Unisba, mengadakan kampanye gerakan memungut sampah saat Car Free Day berlangsung di Dago Bandung, Minggu (29/11). Selain gerakan tersebut, mahasiswa yang tergabung dari tiga Himpunan Mahasiswa Teknik itu turut membagikan paper bag kepada masyarakat sekitar.

Tidak hanya memungut sampah dan membagikan paper bag, beberapa peserta pun berkampanye dengan tujuan untuk membuka mata masyarakat akan bahaya sampah plastik yang kerap dipandang sebelah mata. Beberapa pihak seperti Pusat Pengembangan Teknologi Dan Lingkungan Hidup (P2TLH), Cita-Citarum, dan Badan Pengelola Lingkungan Hidup Pemerintah Kota Bandung pun ikut mendukung gerakan tersebut.

Aji Yudhistira,  Sekretaris Bidang Pengabdian Masyarakat mengungkapkan kegiatan ini bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Teknik Unisba kepada masyarakat luas. “Kita dari BEM-FT sebisa mungkin memperkenalkan nama Teknik Unisba di mata masyarakat, karena belum banyak yang tahu di Unisba ada Fakultas Teknik,” ucapnya.

Selain itu, Ia mengaku kegiatan ini bertujuan untuk mendukung kebijakan Universitas terhadap peduli lingkungan. “Kampus Unisba sendiri sedang mengupayakan Go Green, karena baru kemarin Unisba sendiri dapet penghargaan dari Koran Sindo jadi fokus utama Unisba sekarang ini kan Go Green. Seyogyanya kita sebagai Fakultas Teknik di bawah naungan Unisba mendukung kebijakan-kebijakan Universitas,” tambah mahasiswa Teknik Industri itu.

Hal yang sama diungkapkan oleh Ketua Pelaksana kegiatan tersebut, Rendy Saputera menuturkan program kerja dari Bidang Pengabdian Masyarakat BEM-FT bertujuan untuk memperkenalkan Fakultas Teknik dan sosialisasi tentang bahaya penggunaan sampah plastik. “Agar masyarakat tau, lebih baik menggunakan paper bag daripada plastik saat berbelanja, karena plastik banyak hal-hal negatifnya,” ungkapnya.

Ia pun mengharapkan mahasiswa lain dapat ikut bersosialisasi mengenai hal-hal baik, karena mahasiswa sebagai agen perubahan. “Mahasiswa sebagai agen perubahan harus bisa tau mana yang baik dan benar, jangan sampai diluar kegiatan kita termasuk dalam orang yang menampung sampah,” ujar mahasiswa Teknik Tambang itu. (Reza/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *