Pendidikan Bahasa Lewat “Language Day”

Para siswa sedang menyaksikan penampilan seorang badut panda yang merupakan binatang khas Cina mewakili bahasa Mandarin yang juga disajikan di Language Day SMKN 1 Bandung Jalan Wastukencana no 3, Jumat 20/12/2013 (Shega Chandra/job)

Suaramahasiswa.info, Bandung – SMKN 1 Bandung yang terletak di Jalan Wastukencana mengadakan acara tahunan Language Day bertemakan “7 Dunia 7 Bahasa”. Acara ini memberikan sajian 7 bahasa yaitu bahasa Inggris, Jerman, Jepang, Prancis, Mandarin, Indonesia, dan Sunda.

Festival ini diadakan selama 5 hari dimulai dari Senin 16 Desember 2013 sampai hari ini Jumat 20 Desember 2013. Language Day juga mengadakan pertandingan olahraga antar jurusan dan sharing antara siswa siswi dengan pemateri sekaligus pelatih Ekskul Bahasa di SMKN 1 Bandung. Tujuan acara ini yakni untuk mengasah kemampuan para siswa dalam berbahasa asing dan mengisi waktuluang mereka setelah selesai Ujian Akhir Semester 1.

Language Day juga mengadakan berbagai macam lomba seperti lomba mading, lomba debat dan lomba bahasa. Selain itu ada juga beberapa penampilan drama dari anggota ekstrakulikuler dan penutupan dari 7 Syurga dan Super Child yang merupakan pemenang lomba dance language day 2012 sebagai bintang tamu. Di acara tersebut juga terdapat beberapa stand dengan tema ketujuh bahasa tersebut.

Antusiasme para siswa dalam menyambut acara ini sangatlah besar mereka selalu menunggu language day diselenggarakan. “Acara ini setiap tahun ada,dan bagi siswa siswi disini sangat menunggu acara ini,karena acara ini sangat berbeda dengan acara tahun kemarin,acara yang sekarang ada café untuk makanan-makanan setiap negara dan pohon impian,” ungkap Dea Aprilia yang merupakan Ketua OSIS SMKN 1 Bandung tersebut.

”Harapan kami mengadakan acara ini adalah untuk mengasah siswa siswi agar lebih banyak mengetahui informasi tentang negara-negara yang mereka tuju,agar mereka tidak takut untuk memiliki impian mendapat beasiswa dinegara luar,lalu supaya mereka tidak takut untuk berbicara didepan umum,” ungkap Itsnaina selaku ketua pelaksana acara tersebut. (Haifa Hasna, Shega Chandra/jobs)