Peluang Bisnis Bagi Mahasiswa

1. Jualan Pulsa

Berkembangnya teknologi  membuat perusahaan elektronik mematokkan harga barangnya menjadi lebih terjangkau. Telepon genggam contohnya. Sekarang itu harga telepon genggam sudah murah-murah. Siapa sih zaman sekarang yang engga punya telepon genggam? Pasti punya, apalagi buat mahasiswa, itu merupakan barang yang wajib punya, sebagai alat komunikasi. Manfaatkanlah hal itu dengan menjual pulsa. Tidak perlu repot untuk melakukan usaha ini, hanya perlu modal telepon genggam dan saldo yang anda beli ditempat-tempat counter pulsa. Walau laba usaha ini kecil tapi jika terus-terusan ada yang membeli pulsa kepada kalian, usaha ini bisa membantu anda untuk membeli perlengkapan kuliah setidaknya, apalagi bagi kalian yang mempunyai sifat ramah terhadap banyak orang, pasti kalian tidak susah untuk menjaring konsumen.
 
2.  Makanan/Cemilan
Usaha ini mungkin terdengar sulit, saingan kalian itu para pedagang kaki lama dan kantin kampus. Tapi jangan khawatir, bagi kalian yang mempunyai bakat memasak atau membuat cemilan kecilan-kecilan, ini merupakan peluang usaha kalian, segeralah membentuk usaha tersebut. Kalian hanya menawarkan hasil usaha itu terhadap teman-teman kalian, apalagi kalau rasanya enak, usaha kalian bisa maju pesat. Ingatlah, sesuatu yang besar itu berasal hal yang kecil.

3. Souvenir/Aksesoris
Kalian mahasiswa perantau? Dikota asal kalian teradapat aksesoris yang unik? Usaha ini cocok tuh buat kalian. Kenapa? Seperti pepatah mengatakan, sekali dayung satu dua pulau terlampaui. Saat kalian pulang kampung, belilah aksesoris tersebut dan coba kalian jual kepada teman-teman kampus. Kampus itu unik, begitu juga fesyen mereka, jadi aksesoris tersebut bisa dipadukan dengan fesyen mereka walau itu hal kecil.
 
4.  T-Shirt
Selalu ada yang baru dalam hal fesyen. Memang usaha ini cukup ketat, tapi jika kalian mempunyai bakat mendesain,  tak ada salahnya melakukan usaha tersebut. Lakukan usaha yang unik dalam mendesain t-shirt tersebut, pasti usaha ini tidak sia-sia. Kalau bisa usaha ini kerjasama dengan teman kalian yang mempunyai modal, karena usaha ini butuh dana yang tidak sedikit.
 
5.  Bisnis Yang sesuai dengan hobi
Dari hobi kalian jika ditelusuri, mungkin terdapat usaha yang dapat kalian kembangkan. Misalkan kalian yang dasarnya dapat mengotak-atik barang elektronik. Hal itu bisa kalian jadikan usaha bisnis, dengan membuka jasa servis alat elektronik.
 
Hal yang perlu diingat bagi kalian yang baru pertama kali melakukan usaha, yakni serius dalam menjalankannya.
Segala sesuatu itu akan adanya hasilnya, jika kalian benar-benar serius dan ikhlas menjalankannya.
Sebelum melakukan bisnis, usahakan kalian terlebih dahulu melakukan pembagian antara kuliah dan usaha bisnis.
Selalu ingat, tidak ada sesuatu yang besar jika tidak sesuatu yang kecil.

Oleh : Agus Tri Haryanto