Pasar Seni ITB 2014: Bikin Bandung Tetap Bersih!

Panitia Pasar Seni sedang melakukan konferensi pers di Galeri Soemardja Kampus ITB, Senin (17/11) 

Suaramahasiswa.info, Bandung – Beragam acara dan kegiatan di Kota Bandung sering menyisakan sampah dan membuat kewalahan para petugas kebersihan. Untuk menyiasati hal tersebut, Panitia Pasar Seni bekerja sama dengan Bandung Clean Action dalam mengantisipasi tumpukan sampah saat acara yang akan digelar Minggu 23 November nanti.

Hendro Talenta, Program Koordinator Bandung Clean Action menuturkan bahwa akan diperkirakan timbunan sampah di Pasar Seni ITB mencapai 28 ton. Untuk itu, Hendro menggerakan 120 edukator dalam mengarahkan pengunjung agar membuang sampah di tempat yang telah ditentukan. “Bandung Clean Action akan menurunkan 120 edukator yang disebar di 9 titik untuk menanggulangi sampah dari pengunjung,” Ujar Hendro saat ditemui pada konferensi pers Pasar Seni ITB 2014 di Galeri Soemardja, Kampus ITB, Senin (17/11)

Tak hanya itu, lanjut Hendro, bagi pengunjung yang membawa alat makan ramah lingkungan dari rumahnya sendiri akan mendapatkan lucky draw dan diskon khusus pembelian makanan di stand yang disedikan. Seluruh pengunjung juga dilarang menggunakan Styrofoam karena merupakan sampah mati yang sulit didaur ulang.

“Kami bekerjasama dengan Panitia Pasar Seni memilih cara menyenangkan untuk membicarakan sampah, sekaligus untuk mengedukasi. Selain bisa menikmati festival yang diselenggarakan, konsep ini bisa membuat Kota Bandung agar tetap bersih,” pungkasnya.

Pasar Seni ITB merupakan gelaran festival seni yang berlangsung empat tahun sekali. Tahun ini Pasar Seni membawa tema individualitas dengan slogan “Antara Aku, Kita dan Semesta”. Acara ini diramaikan dengan suguhan pertunjukan seni, pameran seni, stand pasar seni dan kreativitas dari Mahasiswa Fakultas Seni dan Desain ITB. (Regina/SM)