Mining Week: Mencari Bibit-Bibit Potensial Mahasiswa Tambang

Suasana perlombaan Unisba Student Mining Competition (USMC) pada Sabtu (12/3) di pelataran aquarium Unisba. Kompetisi tersebut digelar untuk mencari potensi-potensi baru untuk melaju ke kompetisi nasional.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Sepekan sudah mahasiswa Teknik Tambang mengadakan Mining Week, dari Minggu (6/3) sampai bertemu Minggu (13/3). Terdapat beberapa agenda yang diselenggarakan, yakni tambang peduli, studium general, Unisba Student Mining Competition (USMC), bazar dan hiburan. USMC menjadi kegiatan utamanya.

Agung Dwi Laksono mengatakan, USMC bertujuan untuk mencari bibit-bibit dari mahasiswa teknik pertambangan yang kemudian dikembangkan potensinya untuk menghadapi kompetisi tingkat nasional. “Perlombaan ini ditujukan untuk mahasiswa tambang angkatan 2013 sampai 2015, agar kita bisa menemukan bibit-bibit yang akan maju ke perlombaan skala nasional,” ujar mahasiswa angkatan 2012 tersebut.

Agung menambahkan, ada 12 perlombaan dalam kompetisi ini, baik itu teori maupun praktek. Dua diantaranya, bench blasting yakni simulasi peledakan tambang terbuka dan tie in yaitu peledakan bawah tanah. “Bench blasting itu aplikasinya untuk meledakan tambang terbuka, kalau tie in untuk meledakan yang dibawah tanah,” ujarnya.

Tanggapan pun terlontar dari salah seorang peserta USMC. Burhan Hamdani mengatakan, dari kegiatan ini bisa terlihat potensi mahasiswa teknik pertambangan agar dapat melaju ke kompetisi nasional. “Karena pada kompetisi nasional sebelumnya kurang maksimal, semoga setelah acara ini bisa menemukan cikal bakal yang lebih baik,” tutupnya. (Rifka/SM)