Menwa Unisba Ajak Mahasiswa Waspadai Bahaya Narkotika

Suasana ketika pemateri sedang mengisi seminar penanggulangan narkoba yang diadakan oleh Resimen Mahasiswa (Menwa) Unisba pada Selasa (5/4) di Student Center. Selepas acara ini, Menwa berharap mahasiswa lebih memahami bahaya narkoba dan lebih tanggap  jika di sekitarnya ada pecandu obat terlarang tersebut.

Suaramahasiswa.info, Unisba- Resimen Mahasiswa (Menwa) Unisba menggelar seminar penanggulangan narkoba bertajuk ‘Menciptakan Generasi Indonesia yang Terpelajar, Berprestasi Serta Berkarakter Tanpa Narkoba’. Berlangsung pada Selasa (5/4) di Student Center, kegiatan ini digelar atas kerjasama antara pihak Menwa dan Badan Narkotika Nasional. Indra Gumbira Rukmana menuturkan, diadakannya acara tersebut berawal dari keresahan akan masyarakat Indonesia yang cukup banyak menggunakan narkoba.

Sebelumnya BNN sudah mengadakan penyuluhan pada siswa-siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), lanjut Indra. Menurutnya tidak hanya yang duduk di bangku sekolah saja yang harus diberi bekal tentang bahayanya mengonsumsi obat terlarang tersebut, tapi mahasiswa juga perlu mengetahuinya. “Ada penanganan khusus dari pemerintah, dalam hal ini BNN mencegah tahap awal itu di SMA. Kami memandang tidak hanya mereka pelajar sekolah saja, tapi tingkat perguruan tinggi pun perlu ada pencerahan,” sahut Komandan Menwa Unisba tersebut.

Indra kembali menjelaskan sebagai agen perubahan, mahasiswa harus kritis dan lebih waspada perihal maraknya narkoba di tengah masyarakat. Maka dari itu, setelah digelarnya seminar ini dia berharap peserta memahami jika narkotika itu memang berbahaya. Dia mengatakan pihak menwa sendiri nantinya akan mengadakan tes urin bagi seluruh warga Unisba, mulai dari rektor, dosen, mahasiswa sampai pegawai guna menjauhkan kampus biru dari edaran obat yang mengandung zat adiktif tersebut.

Mintoro, staf penyuluhan BNN sekaligus pemateri sangat mengapresiasi kegiatan seminar tersebut. Baginya, hal seperti ini akan didukung oleh BNN dan jangan hanya berakhir di penyuluhan saja. “Tidak hanya sampai disini saja. Harus ditindak lanjuti, karena kami juga siap mendukung segala upaya baik dari Unisba maupun yang lainnya untuk bersama-sama memberantas narkoba,” tandasnya. (Rifka/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *