Menikmati Akhir Pekan di Galeri Foto Mahasiswa

Suasana pameran foto di Galeri Obledos, Soreang, Kabupaten Bandung, pada Minggu (15/01/2017). Para pengunjung tampak asyik untuk mengabadikan momen mereka, dengan berfoto di antara pajangan foto tersebut. (Intan/SM)

Suaramahasiswa.info,Unisba- Pameran foto yang bertemakan ‘Masikah Kau Simpan Benci di Sumsum Tulangmu?’ di Galeri Obledos, Minggu (15/1), adalah karya dari Amjad Haidar mahasiswa Institut Kesenian Jakarta (IKJ). Berkaloborasi dengan mahasiswa Jurnalistik Unisba yaitu M. Riansyah, Syarif Pulloh, Java Anggara dan Abdul Azis. Diakui Amjad. Mereka ini berawal dari teman diskusi atau nongkrong, sampai akhirnya bisa menghasilkan sebuah karya.

Syarif Pulloh mengaku, jika tujuan dari adanya foto yang mengangkat tema kebencian ini, untuk  memperkenalkan dunia foto kepada masyarakat. Tidak adanya caption disetiap foto, dilakukan agar masyarakat bisa menafsirkan sendiri tentang foto tersebut. “Harapan saya ke masyarakat, ya hidup dengan pola seperti yang ada di sunda yaitu silih asih, silih asuh. Kalau kita menggunakan slogan itu, tidak akan ada rasa benci,” paparnya.

Perasaan senang karena cita-cita untuk membuat pameran foto terlaksana diakui Syarif. Kendati pameran ini berada di kabupaten, tetapi pengunjung terus berdatangan. Misalnya Ilham Mawardi, yang mengetahui pameran ini dari sosial media. Kedatangannya, tak lain untuk mendapatkan ilmu tentang foto.

“Bisa menambah wawasan sih, soalnya tadi juga saya bisa menangkap arti dari beberapa foto. Saya bisa sharing dengan para photographer tentang foto yang baik itu bagaimana. Dari sepenglihatan saya, foto-foto ini berbicara tentang kebencian dari golongan bawah yang diacuhkan oleh golongan atas,” papar siswa SMKN 1 Katapang itu. (Intan S. Dewi/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *