Mengkaitkan Pancasila Dengan Nilai Islam Bersama Aceng Fikri

Aceng Fikri (tengah) sedang menyampaikan materi dihadapan para peserta seminar bertempat di Student Center,  Senin(16/2) (Selvy F/SM)

Suaramahasiswa.info,Unisba– Komsariat Dakwah HMI Unisba menggelar seminar kebangsaan dengan tema “Islam dan pancasila menjawab persoalan kebangsaan”. Panitia mendatangkan H. Aceng H.M Fikri S.Ag selaku anggota MR RI sebagai pemateri. Turut hadir sejumlah peserta dari berbagai fakultas dan perwakilan kader HMI dari kampus lain. Acara ini berlangsung dari pukul 14.00 hingga 16.00 WIB, di Student Center (SC) Unisba.  Senin (16/2).

Aceng merumuskan bahwa kunci sukses dalam Islam terdiri dari lima faktor. Berfikir, ekspektasi, konfidensi (percaya diri), kerja keras, dan doa itulah elemen yang harus ada. Dalam islam pancasila merupakan kristalisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. “Saya harap faktor –faktor tersebut dapat mengubah rakyatnya menjadi unggul,” ujarnya.

Dilengkapi oleh pemateri dari HMI bernama Cecep Hikmanulhakiim, ia pun mengkaitkan nilai pancasila dengan islam. Setiap silanya, masing-masing tentu memiliki nilai keislaman.  “Islam dan pancasila sesuatu yang berbeda tetai tidak dapat dipisahkan,” tutur lelaki berkulit sawo matang itu.

Sofyan Nur Yahya selaku ketua pelaksana mengatakan bahwa saat ini masyarakat hanya mengetahui pancasila tanpa mengamalkannya dengan nilai-nilai Islam. Melalui peserta yang hadir, Sofyan berharap masyarakat dapat mengaplikasikannya. Denti junia lasmini  peserta yang hadir dari Universitas Al-Ghifari menyatakan kepuasannya setelah mengikuti seminar ini. “Seminarnya sangat bermanfaat karena membuka secara luas tentang pancasila dan islam,” ungkapnya. (Selvy F, Febi A/SM)

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *