Mendukung Skena Musik Lokal Lewat BLURadio Records Festival

Suasana booth BLURadio yang sedang dikerumuni pengunjung untuk sekedar melihat-lihat sampai membeli produk asli lokal, di Taman Hutan Unpad Dipatiukur, Sabtu (20/12). (Intan/SM)

Suaramahasiswa.info,Bandung- Dunia musik terus berkembang mengikuti arus perkembangan zaman. Pembajakan karya yang semakin liar membuat UKM radio dari mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Unpad, membuat acara BLURadio Records Festival. Event ini diselenggarakan di Taman Hukum Universitas Padjajaran Dipatiukur, Bandung pada Sabtu (20/12).

Acara ini tidak saja menghadirkan deretan musisi, namun turut menyajikan booth-booth yang menawarkan CD sampai kaos. Rudi Iskandar selaku senior yang sudah lama menjual rilisan fisik dan records label, mengaku sangat senang bisa berpatisipasi dalam kegiatan ini. Ia mengaku prihatin dengan kondisi musisi yang sekarang ini tidak mendapat royalti karena maraknya pembajakan. “Sekarang sudah zaman serba canggih, mereka mudah saja membajak sehingga karya bisa didapat dengan hanya men-download saja,” ujarnya.

Rudi menambahkan bahwa kita harus memiliki kesadaran bahwa suatu karya dalam bentuk apapun butuh pemikiran yang tidak mudah, sehingga kita harus meberikan support terutama kepada band-band lokal. Sama halnya dengan Rudi, Alep Hidayat yang menjual rilisan fisik dengan berbagai genre pun turut mendukung gerakan cinta produk original. “Saya jualan di sini sekaligus mengajak masyarakat untuk membeli karya original yang tidak akan bisa dibajak. Harga yang dijual mulai dari Rp 50 ribu sampai Rp 300 ribu,” papar pria yang berambut gondrong tersebut.

Acara ini diapreasiasi oleh salah satu mahasiswa Universitas Komputer (Unikom), Febrian. Ia menuturka bahwa harga yang mahal tidak mengurungka niatnya untuk membeli karya yang asli. “Buat koleksi dan didengarkan karena saya malas download, lagian ini juga lebih menghargai karya-karya musisi,” tutupnya. (Intan Silvia/SM)