Libur Panjang, Hadiah Pasca UTS

Libur panjang pekan ini dijadikan sejumlah masyarakat terutama mahasiswa untuk pergi berlibur dan mudik ke kampung halaman. Di hari pertama libur panjang akhir pekan ini, terpantau kepadatan penumpang yang hendak berpergian ke luar kota, di terimnal Cicaheum, Kota Bandung, Kamis (5/5). (Ressy U./SM)

Suaramahasiswa.info, Unisba – Hari libur, waktu yang selalu ditunggu-tunggu. Apalagi jika menghadapi long weekend. Sudah tanggal merah ditambah dengan libur Sabtu dan Minggu, itu lah hal yang paling diidamkan mahasiswa yang baru saja menyelesaikan ujian.

Rabu kemarin menjadi hari terakhir Ujian Tengah Semester di Universitas Islam Bandung (Unisba). Seolah menjawab harapan mahasiswa yang kebelet liburan, Kamis hingga Ahad ke depan, rentetan tanggal merah sudah menantang. Tanggal 5 menjadi hari besar untuk umat Kristiani, tanggal 6 giliran umat Muslim yang merayakan Isra Mi’raj Nabi Muhammad SAW, dan ditambah dengan tanggal 7-8 Mei.

Sebagian mahasiswa Unisba menjadikan libur panjang ini ajang untuk pulang kampung, liburan atau hanya sekedar beristirahat. Misal, Ikhlas Mauriza, yang memanfaatkannya sebagai momen melepas rindu dengan orang tua.
“Hari libur panjang ini saya nanti-nanti, setelah UTS akhirnya bisa pulang ke Cianjur,” ungkap mahasiswa Fakultas Hukum 2015 tersebut.

Ada juga mahasiswa yang tidak sempat pulang ke daerahnya. Fajri Prasetyo misalnya. Tanggal merah yang terbatas, jauhnya jarak ditambah kendala biaya, membuat Ia memilih tidak pulang ke Pekanbaru, Riau.

“Liburannya cuma empat hari, mending di kostan saja istirahat. Kalau ada yang ngajak keluar baru main,” ujar mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis 2013.

Jarak, biaya, serta waktu pun menjadi alasan Suchy Wulandari, Mahasiswi Fikom 2015 untuk tidak pulang. Karena ia berasal dari Kabupaten Dompu, pulau Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

“Liburan sehabis UTS mending saya di Bandung saja. Jadwal pulang kampung hanya satu kali dalam setahun. Tetapi saya masih bisa mengisi libur panjang ini dengan ngumpul sama anak-anak NTB juga. Yang pastinya enggak bikin bosen,” jelasnya. (Amelia/SM)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *