Libur Natal, Pedagang Sepi Konsumen

Jalanan sebrang Unisba yang biasa dipenuhi oleh pedagang terlihat sangat sepi dibanding hari biasanya, kamis (25/12) (Huda/Job)

suaramahasiswa.info, Unisba – Libur hari raya bagi sebagian orang merupakan berkah, tapi tidak untuk para pedagang di kampus Unisba, Jalan Tamansari Nomor 1, Bandung. Hal ini cukup merugikan para pedagang di sekitar kampus pada hari Kamis (25/12). Libur yang diadakan sampai hari minggu 28 Desember ini membuat daerah sekitar kampus sangat sepi, akibatnya banyak pedagang yang memutuskan untuk tidak berjualan.

Lain halnya untuk beberapa pedagang, libur seperti ini tidak menjadi alasan mereka berhenti berjualan. Nur (18) misalnya, ia adalah seorang karyawan warung makan di sekitar kampus Unisba. Ia memutuskan untuk tetap berjualan karena tuntutan ekonomi, “Kalo ga dagang, nanti ga dapet uang untuk kebutuhan sehari-hari”, ujar wanita berbaju belang ini.

Tidak hanya Nur, Dian (45) seorang penjaga parkir juga memutuskan untuk tetap melakukan aktivitas seperti biasanya. Ia beranggapan, pasti ada saja kegiatan di kampus meskipun hari libur.” Walaupun libur, pasti ada aja yang dateng, daripada saya di rumah”, ungkapnya.

Minimnya aktivitas di sekitar kampus unisba tentu saja menyebabkan perbedaan dari segi pendapatan para pedagang. Sepinya konsumen menyebabkan kerugian yang amat besar. Zein (22) salah satunya, ia menuturkan omzet toko fotocopyan-nya bisa menurun hingga setengah dari hari biasanya. “Perbedaan keuntungan per hari bisa sampai 40%, padahal setoran harus tetep jalan”, pungkas lelaki berbadan agak gemuk ini. (Huda&Ferli/Job)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *