Kurang Tegasnya Sangsi Bagi Para Pencontek

 Suasana ketika para mahasiswa menunggu untuk masuk ujian di Ranggagading. Dalam sepekan ini sudah ada beberapa aturan yang di langgar, seperti aturan berpakaian dan yang paling fatal mencontek. Namun, masih ada saja sangsi yang kurang tegas bagi pelanggar.

Suaramahasiswa.info, Unisba- Masih banyak mahasiswa yang melanggar aturan saat ujian. Mulai dari aturan berpakaian, sampai mencotek. Namun, tidak semua fakultas menerapkan sanksi tegas, contohnya di Fakultas Dakwah.

Salah seorang mahasiswa Fakultas Dakwah mengatakan, ketegasan tidak diberlakukan di kelasnya. Padahal, suasana ujian sudah tidak kondusif dengan banyaknya mahasiswa yang bertanya sana-sini.

“Iya, ada yang nanya-nanya di belakang tapi tidak tau persis siapa-siapanya. Saya merasa terganggu saja dengan yang berisik,” ungkap mahasiswi yang tidak mau disebutkan namanya.

Ditemui di ruang kerjanya Agus Gumelar, Kasie Akademik Fakultas Dakwah mengatakan hanya memberikan teguran bagi yang berisik di tengah waktu ujian. Menurutnya, belum ada pencatatan nama pelanggar karena belum sampai melakukan kesalahan fatal.

“Selama saya mengawas ujian ya saya tegur saja mahasiswa yang berisik, mudah-mudahan kedepannya tidak ada yang sampai melakukan kesalahan fatal,” ujar Agus Gumelar, Jumat (29/4) lalu.

Ternyata, beda pengawas beda pula cara mengawasnya. Ira Wahyudi, mahasiswa Fakultas Dakwah 2015, mengaku selama ujian suasana di kelasnya cukup kondusif. Hal ini disebabkan karena pengawas yang cukup tegas.

“Saya kurang tau masalah ada yang mencontek atau tidak, karena saya duduk di baris paling depan, tapi selama ujian pengawasnya cukup galak,” jawabnya. (Rifka S./SM)

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *