Kasie. Server: Unisba Mendapat Bandwidth 300 Mb

Seorang mahasiswa login pada jaringan Wifi di Kampus Unisba Jalan Tamansari No.1, Kota Bandung pada Senin (23/01/2017). Adanya  masalah fasilitas pada Bandwidth yang tidak cukup menampung banyak pengguna, mengakibatkan koneksi menjadi lebih lambat. (Iqbal/Job)

Suaramahasiswa.info, Unisba –  Kasie. Server Unisba, Purnama menjelaskan Unisba berlangganan bandwidth sebesar 300 Mb per bulan yang dibagikan ke seluruh Kampus. Purnama memaparkan, beberapa tempat seperti Kampus II Ciburial mendapat jaringan yang baik karena penggunanya sedikit. Berbeda dengan, Kampus Tamansari No.1 yang traffic penggunanya lebih ramai, mengakibatkan koneksi menjadi lebih lambat.

“Sehari jika dirata-rata ada 1000 pengguna. Masalah koneksi lambat dan susah login karena ada pengguna yang belum log out. Jadi, ketika ada yang ingin login sudah penuh kapasitas alatnya,” ujar Purnama ketika ditemui di ruang server Gedung Pascasarjana Jl. Purnawarman No.5.

Mengatasi hal tersebut, Purnama akan membuat sistem akun bagi mahasiswa, termasuk dalam penggunaan bandwidth dan kuota yang telah diatur per pengguna tiap bulannya. “Kita juga ingin menambah access point agar menampung lebih banyak pengguna, dan mencoba sistem akun,” tandasnya. Selain itu, ia mengeluhkan kurangnya staf untuk menanggulangi masalah ini.

Dafa Aditya mahasiswa Fakultas Hukum 2016 mengeluhkan perihal kecepatan Hotspot, “Kadang bagus, kadang sama sekali gak bisa dipakai. Seharusnya jika kampus mengetahui pengguna Wifi banyak, ada peningkatan dari daya tampung pengguna dan kecepatannya,” tandasnya.

Syachrizal mahasiswa Fikom 2013 turut menanggapi hal ini, “Walaupun saya jarang menggunakan Wifi, seharusnya kecepatan internet lebih ditingkatkan. Jangan hanya tampilannya saja yang menarik tapi kecepatannya kurang,” ungkapnya. (Iqbal/Job)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *