Jambore Jurnalistik 2013: Batu Loncatan Untuk Sebuah Petualangan Baru

Caption : Jambore jurnalistik kemabali diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Jurnalistik dengan temA“Show Your Braventure” Selasa, (22/10). acara yang bertempatkan di Bumi Perkemahan Rahong, Pangalengan tersebut, diisi dengan pembekalan kejurnalistikan kepada para peserta jambore.

Suaramahasiswa.info, Pangalengan, – Keluarga Mahasiswa Jurnalistik (KMJ) kembali mengadakan jambore jurnalistik yang kali ini digelar di Bumi Perkemahan Rahong, Pangalengan, Bandung Selatan. Dimulai dari 22-23 Oktober, kegiatan tersebut menyajikan rangkaian yang inovatif, menarik, namun tetap menekankan unsur-unsur kejurnalistikan di dalamnya.

Jambore jurnalistik tahun ini mengusung tema “Show Your Braventure,” yang menurut Tamarisky Setiawan Putra selaku ketua pelaksana memiliki maksud agar peserta dan panitia dapat menanamkan sebuah keberanian untuk petualangan yang baru, walaupun itu di luar zona nyaman. Kegiatan diisi dengan pengisian materi seputar jurnalistik, tracking, games, hingga malam keakraban bersama peserta, panitia, dan alumni jurnalistik.

Pemberian materi kali ini diisi oleh Feri Latief dari National Geographic, dan Muhammad Bakir dari Harian Kompas. Namun karena adanya miskomunikasi, Bakir tak dapat hadir ke Pangalengan. Feri Latief yang bekerja sebagai fotografer, memberikan materi seputar foto; bagaimana mengambil momen yang baik, bagaimana cara agar pesan dapat tersampaikan lewat foto, dan sebagainya.

Salah seorang peserta, Fadil Darmawan, mengaku merasa senang dapat mengikuti kegiatan ini. “Di sini rame, pokonya bisa dapet banyak temen, banyak ilmu, dan sebagainya. Di sini kita have fun lah” ujar mahasiswa Fikom-Jurnalistik 2012 tersebut.

Tama menuturkan bahwa sejauh ini acara berjalan lancar, walaupun ada beberapa kendala seperti masalah waktu dan cuaca. Pun untuk selebihnya, mahasiswa Fikom-Jurnalistik 2011 tersebut menitip pesan bahwa dengan adanya acara ini, para peserta dan semua yang hadir pada jambore dapat menjadi pribadi yang lebih baik lagi. “Semoga dengan berjalannya waktu, kita sebagai manusia bisa memulai untuk berani mengambil petualangan baru yang pasti akan berguna untuk hidup kita” tuturnya, seraya menutup perbincangan. (Bobby Agung P./SM)

Foto: Dokumentasi tim Pubdok Jambore