Ieva Tak Khawatirkan Kualitas Fakultas Kedokteran di Indonesia.

Ieva B. Akbar selaku Dekan Fakultas Kedokteran Unisba sedang bekerja saat ditemui tim Suara Mahasiswa di ruangannya, selasa (10/5). Ia pun turut mengomentari perihal 45 persen fakultas kedokteran yang berakreditasi C dari 83 fakultas kedokteran se Indonesia.

Suaramahasiswa.info, Unisba – Melansir dari Harian Kompas, yang memberitakan 83 jumlah fakultas kedokteran se Indonesia, 45 persen diantaranya berakreditasi C. Kondisi ini mengundang kekhawatiran netizen terkait mutu dokter di Indonesia. Ieva B. Akbar, Dekan Fakultas Kedokteran Unisba turut mengomentari perihal ini, baginya keadaan tidak terlalu mengkhawatirkan.

Ieva B. Akbar menuturkan jika fakultas kedokteran memiliki asosiasi pendidikan sendiri yang terdapat di setiap regional. Asosiasi ini sering melakukan pertemuan dan kerjasama. “Permitraan dalam asosiasi ini dijalin oleh fakultas kedokteran yang berakreditasi A sampai dengan C untuk melakukan banyak perbaikan,” jelasnya.

Perbaikan yang dimaksud, mengenai komponen akreditasi  yang berkenaan dengan rasio, penelitian, pengabdian, sumber daya manusia, fasilitas ataupun rumah sakit haruslah dipenuhi. Jika setiap fakultas tidak memenuhi syarat ini, bisa terkena sanksi. Pengurangan kuota penerimaan mahasiswa baru sampai tidak diperbolehkan beroperasi lagi  merupakan sanksi yang bisa diberikan.

Namun menurut Ieva, kualitas mahasiswa kedokteran bisa dilihat dari ujian kompetensi yang wajib Mereka ikuti. “Mahasiswa yang mendapat izin praktik haruslah lulus ujian ini dulu, termasuk semua fakultas yang berakreditasi a, b dan c,” tuturnya.

Seperti yang ditulis Harian Kompas pada Senin (9/5), dikatakan bahwa pemerintah telah menambah delapan fakultas kedokteran menjelang tahun ajaran baru. Ieva memastikan alasan dari keputusan pemerintah karena adanya kebutuhan. Ia juga menegaskan untuk mendirikan fakultas kedokteran, memiliki persyaratan yang sulit. “Kedokteran itu mendapat perhatian yang luar biasa dari pemerintah. Jadi, kalau sudah resmi berdiri, sudah pasti persyaratannya terpenuhi, ” tungkasnya. (Ressy/SM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *