Hari AIDS Sedunia, ini Tanggapan Warga Unisba

Foto : Ilustrasi

Suaramahasiswa.info, Unisba – Satu Desember ini masyarakat di dunia memperingati hari Acquired Immunodeficiency Syndrome (AIDS). Orang-orang di media sosial seperti twitter, ikut serta dalam memperingati hari (AIDS) sedunia ini dengan menggunakan hashtag WorldAIDSDay. Hal ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa kesadaran masyarakat agar lebih menjaga diri dari virus ini.

Warga Unisba pun turut mengomentari hari peringatan AIDS, salah satunya Yuktiana Kharisma, dosen Fakultas Kedokteran ia berpesan agar kalangan pelajar dan mahasiswa menghindari seks bebas, jangan tergoda oleh narkoba dan yang paling penting perkuat iman. Menurutnya, penularan penyakit ini disebabkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi HIV. Yuktiana menuturkan banyak faktor yang menyebabkan manusia terjangkit virus ini, salah satunya kebiasaan dan pergaulan yang kurang baik. “Biasannya kelompok Pengguna Narkoba Suntik (Penasus) lebih renta terkena penyakit ini,” ujarnya saat ditemui Suara Mahasiswa, Selasa (1/1).

Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Ratri Damayanti mengungkapkan kecemasannya terhadap pengidap AIDS di Indonesia. Wanita semester 7 kedokteran itu menganggap miris terhadap negara ini yang mayoritas muslim tapi masih banyak yang terjangkit HIV. “Kita kan negara muslim, malu-maluin dirilah,” tuturnya. (Mutiara/Job)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *